Halo semuanya.. Mumpung saya lagi di Indonesia, saya sedang mengusahakan untuk banyak-banyak posting tentang Guangzhou agar perjalanan kalian lebih well prepare yah. Hari ini saya akan membahas tentang peraturan-peraturan bagasi dan cabin Guangzhou. Agar proses pemeriksaan di bandara, imigrasi bla bla bla lebih cepat ada baiknya anda membaca lebih lanjut.

Peraturan Bagasi Bandara China

Peraturan Bagasi Bandara China

1. Koper tidak lebih dari 32Kg

Tahukah anda peraturan Bandara di Cina tidak mengijinkan anda membawa paket barang setiap Colly nya lebih dari 32 Kg. Apa maksudnya tidak lebih dari 32 Kg? apabila anda memiliki koper seberat 40 Kg dimana anda bisa membayar kelebihan beban bagasi. Pihak bandara tetap tidak mengijinkan anda untuk memasukan barang tersebut meskipun anda mampu membayar. Anda harus mengeluarkan barang didalam koper anda hingga mencapai berat dibawah atau sama dengan 32 Kg. Anda diperbolehkan membawa bagasi lebih dari 32 kg apabila di bagi menjadi beberapa tas. Misal anda ingin membawa 40 kg. Maka bagi lah barang bagasi anda menajdi 20kg 20kg atau 30kg dan 10kg.

2. Dilarang membawa power bank, colokan laptop, baterai, dan korek api.

Didalam koper yang akan anda bawa ke dalam bagasi anda, anda dilarang membawa power bank, colokan laptop, baterai dalam bentuk apapun, korek api. Setiap kali anda ingin memasukan barang kedalam bagasi, petugas counter check in pasti menanyakan terlebih dahulu apakah anda membawa barang-barang diatas. Apabila ya maka anda harus mengeluarkannya saat itu juga. Namun terkadang kita lupa dan lalai, lalu menjawab kepada petugas check in anda tidak membawanya, kita lupa misalnya didalam tas ada power bank. Barang bagasi tentu saja melewati berbagai proses lagi didalam. Apabila mereka menemukan di dalam koper ada benda-benda yang tidak boleh dibawa. Maka pihak bandara Guangzhou akan membuka koper anda tanpa seizin anda. Sesampainya anda di Indonesia, anda akan melihat koper anda sudah tidak di gembok dan didalam anda akan menemukan surat yang menunjukan koper anda sudah dibuka karena anda membawa barang yang tidak diizinkan.

3. Koper tidak lebih dari 26 inch

Untuk mempercepat proses check in juga, anda sebaiknya tidak membawa bagasi berukuran lebih dari 26 inch. Koper atau barang yang di packaging lebih dari 26 inch akan masuk dalam oversize bagage. yang artinya setelah anda check in penumpang di counter anda masih harus mengantri di counter oversize bagage.

4. Samsung Note 7

Handphone samsung note 7 sama sekali tidak diperbolehkan untuk dibawa meskipun dalam keadaan mati.

5. Tidak menggembok tas cabin dan tas laptop

Hampir setiap dari kita yang berangkat keluar negeri selain koper kita juga ditemani oleh tas cabin. Untuk tas cabin atau tas laptop sebaiknya tidak anda gembok. Pengawasan bandara guangzhou terhadap tas bawaan anda cukup ketat. Sebelum mjalan ke imigrasi, anda akan melewati sejumlah pemeriksaan, anda akan disuruh mengeluarkan semua alat elektronik seperti HP, laptop, charger, ipad, mainan digital dari dalam tas cabin anda. Menggembok tas anda demi keamanan akan membuat anda ribet dan lama di pemeriksaan, gembok tas anda saat sudah berad di ruang tunggu saja.

6.Tidak membawa power bank lebih dari 2 pcs

Beberapa orang Indonesia yang datang ke china, pasti donk belanja, beberapa orang juga berpikiran untuk membawa power bank untuk dijual lagi atau oleh-oleh. Eits, peraturan tidak membawa lebih dari 2 sangat ketat loh di bandara Guangzhou, apabila anda membawa lebih dari 2, maka sisanya akan disuruh buang atau tinggalkan di bagian pemerikasaan.

7. Tidak membawa kosmetik dengan kemasan lebih dari 100ml

Penting untuk diperhatikan oleh para wanita yang membawa kosmetik atau produk skin care ke dalam cabin pesawat. Anda tidak akan diperbolehkan membawa kosmetik dan skin care dalam bentuk apapun, liquid, gel, krim dengan kemasan lebih dari 100ml. Meskipun isinya sudah tinggal sedikit atau tidak lebih dari 100ml. Apabila kemasannya lebih dari 100ml maka mereka akan mengambil produk tersebut apapun alasan anda. Untuk itu apabila anda ingin membawa kosmetik didalam cabin, bawalah dalam travel size.

8. Minuman dalam kemasan

Minuman dalam kemasan juga tidak diizinkan untuk dibawa dalam tas cabin anda. Untuk itu saya menyarankan agar anda membawa botol minum seperti lock & lock, tupperware atau tumblr sehingga anda hanya perlu membuang isinya saja. Didalam bandara disediakan air isi ulang. Tapi untuk minuman dalam kemasan anda akan disuruh membuang berikut dengan kemasannya.

Sekian sharing saya hari ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda. Good Luck!

Baca juga : Tips Belanja Grosir Pasminah di China

Yanie Thiorisa
China Private Business Tour