Halo semua.. Akhir-akhir ini banyak nih yg ngechat di Line@ nanya soal sistem private tournya bagaimana.. Sebenarnya saya sudah pernah tulis sebelumnya di post saya sebelumnya, tapi mungkin karena post nya sudah lama jadi teman-teman pembaca sudah jauh yah kalau mau scroll ke halaman-halaman sebelumnya.. Hari ini saya akan membahas banyak mengenai sistem private tour saya.

Pusat grosir sepatu murah, Guangzhou, China.

Pusat grosir sepatu murah, Guangzhou, China.

Pertama-tama seperti biasa tentu saja anda akan mengontak saya terlebih dahulu entah melalui email, line@ atau DM instagram. Tapi maaf yah kalau yang DM instagram saya jarang atau lama banget balasnya. Karena di china instagram di blokir, jadi saya baru bisa buka kalau kebetulan VPN saya lagi bersahabat. Untuk itu saya menyertakan ID line@ saya. Apalagi yang kontak saya di facebook yah.. Bakalan lama banget saya balasnya. Saya baru aktif di instagram dan facebook hanya pada saat saya berada di Indonesia.

Biasanya saya akan banyak tanya dulu, mengenai barang apa yang anda cari, apakah anda pernah datang ke china sebelumnya, ada alamat tertentu yang harus didatangi, anda akan menjual grosir atau retail, siapa suplier anda sebelumnya bla bla bla. Ini bukan karena saya kepo banget sama bisnis anda yah. Hanya saja saya perlu mengenal seperti apa calon klien saya dan sejauh apa yang klien ketahui, agar jangan sampai informasi yang sudah saya sampaikan sudah diketahui sebelumnya oleh klien atau saya tidak mengantar klien ke tempat yang tepat dan klien merasa rugi ditemani oleh saya selama berada di China.

Hode Decoration Wholesale market. Pusat Grosir dekorasi rumah.

Tahap berikutnya setelah saya tahu kemana dan berapa hari yang dibutuhkan oleh klien, saya saya akan memberikan jadwal atau calon klien bisa melihat jadwal yang kosong di blog saya bagian TOUR SCHEDULE. Apabila kedua belah pihak baik klien maupun saya setuju dengan tanggal tersebut maka jadwal bisa dibuat dengan memberikan DP setidaknya 1 hari. Sisa pembayaran dilakukan sesampainya anda di China dengan menggunakan uang tunai RMB. Saya tidak menerima uang tunai rupiah saat berada di China.

Karena perjalanan bersama saya bersifat private, artinya saya tidak akan mengantar klien lain dihari yang sama. Di hari yang sudah anda booking saya hanya akan mengantar anda saja. Apakah anda bisa membawa rombongan? Tidak. Tour saya hanya untuk maksimal 3 orang dari group yang sama. Apabila anda berdua atau bahkan sendirian. Saya tidak akan menggabung anda dengan orang lain. Hal ini dikarenakan private tour saya bukan untuk liburan melainkan untuk bisnis. Pada umumnya semakin sedikit orang yang tau suplier dari bisnis anda, akan semakin baik. Justru kalau perginya rame-rame malah yang ada nggak jadi beli karena ketahuan orang lain siapa supliernya.

Bagaimana dengan fee saya sebagai guide?.. Fee saya adalah 500RMB perhari terhitung 8 jam kerja. Jangan khawatir karena ini uda tarif rata-rata translator orang Indonesia di Guangzhou kok. 8 Jam kerja artinya kalau kita mulai jam 10 makan saya selesai di jam 6 sore, apabila kita mulai jam 8 pagi kita selesai jam 4 sore. Makan dan transport saya saat sedang bersama klien adalah tanggungan klien. Permintaan diluar kota selain kota Guangzhou maka klien wajib menanggung hotel dan biaya tiket saya dari Guangzhou menuju kota tersebut.

Sekian dulu informasi dari saya mengenai sistem ikut private tour bersama saya. Pertanyaan lainnya yang kurang jelas bisa anda kontak saya melaui email, atau line@. Good Luck!

Yanie Thiorisa
China Private Business Tour