Satu lagi nih maskapai yang masuk dalam favorit list saya yang membawa saya dari surabaya ke GuangZhou. Cathay Pasific! Penerbangan dari Surabaya menuju Guangzhou nggak ada yang direct, semua penerbangan harus transit di Malaysia, Sinapore atau Hongkong. Nah Cathay Pasific adalah maskapai penerbangan Hongkong jadi transitnya di Hongkong.

Hong Kong International Airport

Hong Kong International Airport

Yang membuat saya suka dengan penerbangan  Cathay adalah, Cathay jarang sekali delay, delay selalu menjadi hal yang menyebalkan dalam perjalan keluar negeri yang jauh karena bisa saja penerbangan yang delay itu merusak plan kita atau membuat appointment yang sudah kita buat dihari berikutnya batal. Cathay termasuk maskapai yang jarang delay. tapi tidak jarang loh tiba-tiba kita mendapat email kalau penerbangan kita diganti jamnya. misal dari jam 2 siang, diganti menjadi jam 2 malam. Atau saat di negara transit pesawat yang berikutnya batal terbang dan diganti ke waktu penerbangan lain. Saat di negara transit, Cathay yang mengganti waktu penerbangan kita cukup bertanggung jawab dengan memberikan fasilitas hotel apabila perlu bermalam. Untuk perjalanan liburan sih masih sah-sah saja yah, tapi untuk yang perjalanan bisnis, menunggu di bandara meskipun diberikan fasilitas hotel, terasa melelahkan dan buang-buang waktu.

Furla Hong Kong

Furla Hong Kong

Negara transitnya adalah Hongkong, bandara Hongkong bisa di bilang bagus dan bersih. banyak toko-toko yang menjual barang brand sekelas furla, Michael Korz, Tumi, Longcham, MCM, swarovski, bran kosmetik, brand Jam tangan, dll yang menawarkan banyak discount! discount! discount! Waktu transit selama 2 jam terasa cepat selama berada di bandara. Ada juga akses wifi yang mudha sekali terhubung dengan handphone dan nggak ada batas waktu untuk menggunakannya. Tidak seperti di Malaysia yang hanya bisa digunakan selama 3 jam.

Jatah Bagasi yang diberikan oleh Cathay adalah 30Kg. Banyak yah! Apabila bawaan anda melebihi 30Kg maka anda harus membayar kelebihan beban tersebut, satu kilo sekitar 80-85RMB atau setara denganh 160-170ribu rupiah perkg. Apabila anda sedang berbelanja grosir di Guangzhou, nggak ada salahnya loh membeli bagasi Cathay, karena kelebihan bebannya perkilo hanya 160ribu, langsung sampai diindonesia, bisa langsung anda jual. Sedangkan apabila anda menggunakan cargo, perkilo 130ribu dan masih harus menunggu sampai 7-10hari kedepan menunggu barangnya tiba.

Makanan dalam pesawat Cathay sebenarnya tergolong memuaskan, tapi hanya untuk yang perjalanan jauh yah. Dari Guangzhou menuju Hongkong saya berada didalam pesawat hanya sekitar 45 menit, dan makanan yang diberikan hanya biskuit. Biskuit dalam kemasan kecil yang hanya untuk mengotori gigi saja. Minum yang disediakan hanya air mineral dalam botol kecil.

Cathay Pasific Economy Food

Cathay Pasific Economy Food

Perjalanan dari Hongkong menuju Surabaya sekitar 4 jam disini nih makanannya enak dan banyak. pertama-tama anda di berikan camilan kecil, yang saya dapat adalah kacang. Lalu dilanjutkan anda bisa memesan minuman apapun gratis dan kapanpun anda memintanya. Menu minuman yang disediakan adalah air mineral, teh, kopi, jus tomat, jeruk, apel, sprite, cola dan fanta, disediakan juga wine. Makanan berat menyusul setelah camilan dibagikan, menu yang saya dapat ada satu mangkuk buah potong, roti lengkap dengan mentega dan kita bisa memilih nasi atau pasta, nasi yang saya pilih adalah nasi dengan sayur dan ikan fillet pedas. Dessert ice cream Hagendaz sedang menunggu untuk anda santap.

Dibandara Hongkong juga sangat mudah menemukan makanan tapi jangan ditanya soal makanan yang harganya murah yah. Karena nggak ada yang murah! Makanan yang saya beli adalah burger king seharga 70HKD atau setara dengan 120ribu rupiah, air mineral yang paling murah saya beli di bandara adalah 28 HKD atau setara 48ribu rupiah!

Sekian Sharing saya hari ini, semoga bisa memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi anda. See you in the next post!