“Pernah dengar cerita orang indonesia yang import sepatu, tapi yang datang sepatunya sebelah aja nggak?”. Siapa sih yang tidak pernah dengar cerita ini?.. Hampir semua orang tau tentang cerita ini. 80% dari total klien saya menanyakan dan menceritakannya kepada saya. Mana cerita yang paling benar versinya, saya tidak tahu, karena saya sendiri belum pernah bertemu dengan orang yang bersangkutan. Orang-orang yang menceritakannya kepada saya, kebanyakan hanya mendengar dari orang lain. Baik itu teman dosennya, temen temennya, di ceritain siapanya yang bersangkutan. Tapi sejauh ini saya tidak pernah bertemu langsung.

Membeli sepatu di Pusat grosir sepatu China

Membeli sepatu di Pusat grosir sepatu China

ini adalah beberapa versi yang saya pernah dengar diluar dari cerita orang Indonesia tersebut di Tipu, versi cerita tertipu pasti sudah banyak anda dengar, tapi bagaimana dengan versi lainnya?

Nawar barang keterlaluan

ada versi cerita yang mengatakan kalau orang yang bersangkutan, nawar barang keterlaluan, sampai-sampai membuat kesal supliernya. Akhirnya suplier hanya mengirimkan sepatu sebelah saja, sesuai dengan harga yang diminta oleh pembeli dari Indonesia.

Mencegah barang hilang

Versi kedua dari yang saya dengar, adalah ini memang salah satu strategi dari pembeli untuk mencegah adanya barang yang hilang. Kalau sepatu dikirim dengan benar sepasang, maka kemungkinan untuk di curi lebih besar. Maka digunakanlah strategi mengirimkan memang hanya sebelah saja, sebelahnya lagi menyusul. Siapa yang mau mencuri dan menjual sepatu hanya sebelah?

Banyak kemungkinan yang bisa terjadi, tapi dalam sudut pandang saya, bisa juga ini sebenarnya hanya rumor yang sengaja dibuat, agar orang-orang takut untuk import barang. Mencegah saingan semakin banyak. tidak sedikit importir yang sharing cerita tentang dia ditipu, orang china kasar, bla bla bla, tapi toh mereka yang cerita tetap import kan? kenapa?.. Apapun alasan dan situasinya kita tetap harus waspada dalam berbelanja barang di China. Bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati, Usahakan anda masih berada di China sampai barang masuk ke cargo. Apabila tidak memungkinkan anda mungkin bisa meminta orang yang anda kenal untuk membantu anda memastikan barang disiapkan oleh suplier dengan baik.




Sekian sharing saya, saya mohon maaf apabila ada tutur kata yang salah baik yang sengaja maupun tidak disengaja, karena sharing saya kali ini menyangkut cerita tentang orang lain. See you in the next post.

Yanie Thiorisa
China Private Business Tour