Gongxi Facai 2017!!

Saya ucapkan selamat tahun baru imlek bagi yang merayakan, semoga di tahun ayam api ini, kita semua lancar rejeki dan sehat selalu!

Arti Gongxi Facai dan Tradisi Imlek dikeluarga saya.

Arti Gongxi Facai dan Tradisi Imlek dikeluarga saya.

Mungkin beberapa diantara pembaca ada yang tidak tahu apa arti dari Gongxi Facai seperti yang diucapkan banyak media iklan, maupun orang ke sesama yang merayakan.

Gongxi sendiri artinya adalah selamat, selamat dalam artian merayakan sesuatu. Seperti contoh dalam bahasa indonesia selamat ulang tahun, selamat idul fitri, selamat atas kesuksesan, selamat hari raya imlek. Untuk itu kata Gongxi juga bisa digunakan untuk orang yang berulang tahun, pernikahan, pembukaan kantor baru, dan masih banyak lagi mengingat arti katanya adalah selamat.

Facai berarti sukses/makmur/sejahaterah. Untuk itu Gongxi Facai diartikan sebagai selamat dan sukses! ini adalah ucapan positif yang berarti doa kita mendokan orang yang kita ucapkan Gongxi Facai sealamt dan makmur.

Beberapa tradisi imlek, yang saya pelajari dari keluarga saya:

tidur tengah malam

Saat malam imlek, keluarga berkumpul bersama makan malam, sesudahnya kita menunggu sampai tengah malam sekitar jam 2 malam. Hal ini dipercaya sebagai kita menyambut datangnya kebaikan-kebaikan ditahun baru dan mendoakan orang tua berumur panjang. Beberapa orang yang tradisinya masih kental, juga melakukan sembayang dirumah (bagi yang memiliki altar) atau pergi ke Klenteng. Tradisi ini ada yang masih menjalankan, ada juga yang tidak menjalankan.

Tradisi Imlek

Tradisi Imlek

makanan harus bersisa

Saat makan malam imlek, bisasanya ada banyak sekali makanan yang disiapkan seperti ikan, babi, ayam, mie, sup, buah-buahan dan masih banyak lagi makanan lezat yang menjadi simbol-simbol keberuntungan, keselamatan dan hal-hal baik lainnya. Tahukah anda menurut tradisi makanan tersebut tidak boleh habis? Ya, makanan yang tidak habis disimbolkan sebagai kemakmuran yang berlimpah-limpah, jadi jangan heran kalau saat imlek, makanan dirumah pasti ada banyak sekali dan tidak bisa kita habiskan sangking banyaknya. beberapa orang yang memutuskan untuk pergi makan malam direstoran, setidaknya di rumah harus masak nasi.

urutan mengucapkan gongxi

Saat kita berkunjung atau berkumpul dirumah keluarga besar, kita akan menemui banyak keluarga dekat kita. Kita harus memberikan ucapan Gongxi kepada orang yang paling tua atau pangkat dalam keluarga paling tinggi. Seperti kepada oma opa, atau om tertua. Apabila di dalam rumah tersebut ada meja sembayang leluhur, maka kita harus sembayang leluhur terlebih dahulu, baru mengucapkan Gongxi terhadap keluarga yang hadir sesuai urutan.

angpao

Angpao atau Hongbao yang berarti kertas merah, juga diberikan dari yang tua kepada yang muda, dari yang sudah menikah kepada yang belum menikah. Yang bisa menerima angpao hanyalah yang belum menikah, dan yang sudah menikah harus memberikan angpao kepada yang belum menikah. Beberapa orang yang sudah menikah juga memberikan angpao kepada orang tua. Biasanya saat memberikan angpao juga disertai dengan doa kepada orang yang diberikan, misalnya semoga sukses, semoga pinter disekolah, dan doa untuk orang dewasa apalagi kalau bukan “semoga cepet dapat jodoh!” hahaha… Jangan baper!

Kira-kira seperti ini tradisi imlek di keluarga saya, bagaimana dengan anda?