Buat kalian yang berencana untuk studi atau bekerja di China khususnya Guangzhou mungkin penasaran yah berapa sih biaya hidup tinggal di Guangzhou. Berikut saya akan share sedikit tentang biaya hidup disini.

Berapakah biaya hidup tinggal di Guangzhou?

Berapakah biaya hidup tinggal di Guangzhou?

Apartemen

Buat anda yang kesini untuk studi anda bisa tinggal di Dorm sekolah, beda sekolah beda peraturan. Ada yang sekamar boleh sendiri, berdua atau bahkan harus berempat. Biaya tinggal di Dorm berkisar 400RMB-1200RMB perbulan tergantung kamar yang anda dapatkan. Apabila anda bekerja, anda harus tinggal di Apartemen, satu apartemen yang berukuran studio, berada di tengah kota, full furtinure dengan toilet duduk biaya perbulannya mulai dari 3000RMB belum termasuk air, listrik, iuran kebersihan dan wifi yah. Biasanya kamar berukuran studio ini bisa ditinggali oleh 2 orang. Apartemen dibawah harga ini biasanya berada jauh dari pusat kota atau bangunannya tua jadi toiletnya pun toilet jongkok. Untuk Apartemen dengan 2 atau 3 kamar bisa anda dapatkan dengan harga 5000RMB keatas, Biasanya sudah dengan toilet jongkok.

Transportasi

Biaya Transportasi disini tidak terlalu mahal untuk bis yaitu 2RMB, untuk MRT mulai dari 2RMB-8RMB. Untuk Taxi, mulai dari 10RMB.

Makan

Untuk Biaya makan saya bagi menjadi 2, makan diluar atau masak.

Untuk makan diluar kelas warteg dimana kita tinggal menunjuk makanan yang kita mau biasanya mulai dari 10RMB. Sistemnya ada yang 10RMB terdiri dari nasi 2 macam sayur dan 2 macam daging. Ada juga yang membayar sesuai yang kita ambil. Lauk utuh seperti satu ekor ikan ukuran telapak tangan, daging (Sapi, Babi, Ayam) Fillet mulai dari 9-11RMB, Sayur tumis campur dengan sedikit daging 5-7RMB, sayur utuh tidak di Campur daging 1-3RMB. Sup 2 RMB, Nasi putih 2 RMB per porsi.

Makan di food court atau Mall sekitar 40-80RMB, Makan direstoran start from 80RMB.

Apabila anda ingin masak sendiri ada beberapa sayur yang saya hapal harganya, ada juga yang tidak, karena saya jarang masak. hehehe.
Beras 3-5RMB/500gr
Sayur 1-2RMB
Tomat 1-2RMB/buah
Ayam 25RMB/setengah ekor
Bawang bombai 1-2RMB/buah

Untuk Camilan biasanya harganya 2 kali lipat dari Indonesia, sekitar 70-100% lebih mahal daripada Indonesia. Misalkan Pocky di Indo harganya 7000-8000 rupiah, disini dijual seharga 6-8RMB yaitu 12ribu sampai 16ribu rupiah.

Air mineral 2-5RMB untuk ukuran botol tanggung 550-650ml.

Roti tawar 5RMB-12RMB/ Bungkus isi 4-5pcs.
Roti isi 5-10RMB perbuah

Kalau dihitung-hitung sebenarnya lebih mahal sih dari pada Indonesia, tapi kalau makan rame-rame sama temen. Masak sendiri jauh lebih murah dibandingkan makan diluar meskipun hanya depot.

Pulsa

Pulsa disini setiap orang berbeda-beda. Provider yang saya pakai adalah China Unicom, Sinyal paling bagus dengan internet paling cepat. Pulsa saya dipotong setiap bulan 36RMB dengan fasilitas setiap bulan saya mendapat 1G untuk broswing, 1G untuk Wechat dan 60 mnt telpon gratis ke sesama provider.

Wifi

untuk biaya Wifi biasanya dibayarkan langsung 1 tahun mulai dari 980-2000RMB.

Toiletries dan Kosmetik

Untuk keperluan mandi, seperti sabun, shampoo, sabun cuci muka, dll. Tergolong kurang lebih sama dengan Indonesia untuk produk merk lokal. Tapi beberapa merk lmport seperti Loreal, Lux, Dove termasuk juga pembalut wanita seperti Laurier,dll tergolong lebih mahal bahkan sampai dua kali lipat dari harga Indonesia. Begitu juga dengan kosmetik International seperti Loreal, Maybeline, dll. Buat temen-temen yang nggak mau mencoba-coba produk China, ada baiknya anda membawa dari Indonesia. Hehehe.

Hmmmm… Apa lagi yah?…

Mungkin itu dulu sharing mengenai biaya hidup di China saya kali ini, seandainya ada biaya lain yang bisa saya tambahkan, mungkin akan saya update kapan-kapan. Hehe.

Yanie Thiorisa.
China Private Business Trip.