Berbeda dengan Indonesia dimana kita harus mencantumkan agama kita dalam KTP, di China, penduduknya tidak terlalu mementingkan agama. Bahkan jarang sekali terlihat rumah ibadah. Meskipun begitu, di China ada banyak Foreigner yang beragama. Lalu dimanakah kita sebagai foreigner bisa beribadah? Dalam libur saya seminggu ini, saya menyempatkan diri untuk melihat-lihat bagaimana kehidupan beragama di China, khususnya Guangzhou.

Organisasi Buddha Mangala, Guangzhou, China

Organisasi Buddha Mangala, Guangzhou, China

Beruntung ada teman saya yang memperkenalkan saya dengan Organisasi Buddha Mangala (OBM) di Guangzhou. OBM ini sendiri khusus untuk orang Indonesia yang berada di China. Sejarah singkat OBM adalah organisasi mahasiswa Buddhis yang paling pertama di China, berdiri sejak tahun 2001 di Beijing. Setelah itu beberapa tahun kemudian, dibuka cabang di Shanghai, Guangzhou, Xiamen, Nanjing, Chongqing, Suzhou, dan Ningbo.

Pengalaman pertama datang ke acara OBM yang diadakan di salah satu kuil yang berada di Beijing Road bernama Da Fo Shi Guangzhou ini, semua orang disini ramaaaahh banget. Nggak pakai acara Jaim atau malu menyapa terlebih dahulu. Dalam Organisasi ini juga ada banyak mahasiswa dari berbagai kampus, jadi tentu saja kita bisa saling mendapat informasi dari temen-temen kampus lain. Diakhir sesi kebaktian, kita juga ada sesi kumpul-kumpul yang menambah keakraban satu dengan lainnya. Bukan hanya mahasiswa, disini juga ada yang sudah bekerja loooh.

Kehidupan umat beragama Budha Indonesia di Guangzhou

Kehidupan umat beragama Budha Indonesia di Guangzhou

Berdoa bisa dilakukan di manapun dan kapanpun, bahkan didalam kamar sendiri. Tapi dengan mengikuti organisasi yang bermanfaat, selain kita berdoa dan bermeditasi bersama, kita juga bisa mendapatkan pengetahuan baru dengan mendengar sharing positif dari teman-teman kita.

Buat temen-temen yang sedang berada di Guangzhou dan tertarik untuk mengikuti OBM ini, temen-temen boleh kontak saya untuk saya ikutkan dalam OBM.

Kegiatan beragama untuk foreigner di China

Kegiatan beragama untuk foreigner di China

Next post:
Tempat Beribadah Untuk Umat Muslim di Guangzhou
Gereja Bethel Indonesia di Guangzhou
Sacred Heart Cathedral di Guangzhou

Yanie Thiorisa.
China Private Business Tour.