Ada beberapa kelebihan dari Air Asia yang membuat saya menjadi pelanggan setianya. Mulai dari ketepatan waktu penerbangan, pemilihan jadwal penerbangan, fleksibilitas servis yang kita inginkan, dsb. Namun dengan berbagai kelebihan, Air Asia juga memiliki beberapa kelemahan yang harus kita atasi agar perjalanan lebih menyenangkan. Karena Air Asia bukan pesawat besar, untuk itu saya akan share beberapa tips yang akan membuat pengalaman perjalanan anda lebih nyaman.

Private Tour to Guangzhou with Yanie Thiorisa

Private Tour to Guangzhou with Yanie Thiorisa

Kelebihan Air Asia

  • Memilih sendiri Jadwal penerbangan memudahkan saya untuk menentukan berapa lama saya transit di Malaysia. Selain itu dari beberapa kali penerbangan yang pernah saya lalui, Air Asia sangat jarang mengubah jadwal penerbangan. Saya pernah satu kali mengalami yang namanya penerbangan berubah, namun air asia memberikan kompensasi yang cukup bisa menjawab permasalahan penggantian jadwal tersebut. Pertama, Air Asia menawarkan untuk penumpang mengganti jadwal penerbangan didalam 2 minggu sebelum atau sesudah penerbangan yang seharusnya tanpa ada biaya apapun, dalam 2 minggu tersebut kita bisa mengganti tanggal dan jam diharga berapapun, atau air asia menawarkan mengembalikan uang.

  • Ketepatan Waktu keberangkatan juga sangat membuat saya senang dengan pesawat ini.
  • Kita juga bisa memilih sendiri kursi, makanan, camilan atau perlu tidaknya bagasi, Sangat fleksibel.

Hot Seat

Penerbangan yang panjang tentu saja membuat anda bisa pergi ke toilet beberapa kali, agar tidak mengganggu orang disebelah anda yang sedang tidur karena anda tidak bisa keluar dari tempat duduk anda, ada sebaiknya ada memilih kursi hot seat Air Asia. Yaitu Barisan 1-5 dan 12-14. Selain memudahkan anda untuk keluar masuk toilet, jarak space antar bangku yang lebih besar bisa membuat kaki anda lebih nyaman. Kursi Hot Seat juga mendapat fasilitas Masuk dan Keluar Pesawat terlebih dahulu. Untuk kursi Hot seat ada baiknya anda mengambil baris 1-5, Kursi 12-14 adalah kursi yang dekat dengan jendela darurat. Kelebihannya adalah anda bisa keluar terlebih dahulu disaat pesawat mengalami masalah yang harus mengeluarkan penumpang dari jendela darurat. Namun, kursi dekat jendela darurat tidak bisa di sandarkan, sehingga anda harus duduk tegak dalam sepanjang perjalanan anda.

Memesan Makanan Saat Membeli Tiket

Saya menyarankan anda untuk membeli makanan saat anda membeli tiket pesawat, Apabila anda tidak memesan makanan dipesawat, mungkin anda harus membeli makanan di bandara Malaysia saat anda transit. Hal ini sedikit merepotkan karena anda harus menukarkan terlebih dulu mata uang anda, sehingga anda akan memiliki 3 macam mata uang di dalam dompet anda, yaitu Rupiah, Ringgit Malaysia dan mata uang negara tujuan anda. Dengan memesan makanan di pesawat, anda tidak perlu ribet tukar uang lagi. Menu makanan di Pesawat yang ready untuk dipesan saat anda sudah sampai didalam pesawat tidak akan selengkap saat anda memesan di internet. Jadi jangan lupa pesan makanan ya!

Premium Flex

Saat anda membeli tiket Air Asia anda akan ditawarkan pilihan Premium Flex yang mana artinya saat anda memilih Premium Flex Air Asia maka anda akan mendapat fasilitas hot seat, makanan, dan bagasi 20Kg. Yang spesial dari paket Premium Flex yang membuat harga tiket lebih mahal adalah fasilitas menukar tanggal penerbangan sebanyak 2 kali tanpa biaya admin apapun. Jika anda ingin menukar tiket, anda hanya perlu membayar selisih antara harga tiket sebelum dengan tanggal baru. Paket Premium Flex saya sarankan untuk anda, karena banyak klien saya yang menyesal karena membeli tiket ke China hanya untuk 3 atau 4 hari.

Dengan memaksimalkan fasilitas yang ada, meskipun Air Asia bukan pesawat besar, namun Air Asia adalah pesawat Favorit saya untuk saat ini. 😀

Yanie Thiorisa.
China Private Business Tour.