Beberapa hari yang lalu saya sempat meluangkan waktu untuk pergi ke Pusat Grosir aksesoris Smartphone di kota Shenzhen. Sebagaimana yang diketahui oleh masyarakat Indonesia kalau Shenzhen adalah pusatnya elektronik, Maka saya pun hunting lagi untuk melihat update disana.

Belanja di Pusat Grosir Shenzhen

Belanja di Pusat Grosir Shenzhen

Dari segi area, memang jauh lebih luas jika dibandingkan dengan pusat grosir aksesoris HP di guangzhou. Tapi saya mulai menyadari ada perbedaan yang mendasar diantara keduanya. Di Shenzhen didalam satu area yang sangat luas banyak diantaranya hanyalah stan-stan kecil. Mungkin sekitar 1x1m persegi. Sehingga saya ragu apakah mereka benar-benar memiliki pabrik sendiri atau hanya reseller, meskipun ada beberapa diantara mereka yang memang memiliki pabrik sendiri. Berbeda dengan Guangzhou, kebanyakan toko mereka adalah toko-toko besar yang menunjukan ciri-ciri mereka memang memiliki pabrik.

Pusat grosir dan supplier security system, LED lamp dan Gadget accesories.

Pusat grosir dan supplier security system, LED lamp dan Gadget accesories.


 



Dari segi kelengkapan barang, meskipun Shenzhen cukup luas, namun saya tidak bisa menemukan barang yang saya inginkan. Dengan area yang lebih luas makan ekspektasi kita adalah lebih lengkap dibandingkan Guangzhou dan tentu saja lebih murah. Namun untuk barang yang saya cari ternyata salah. Harga sama dengan Guangzhou dan tidak lengkap. Hmmm… seandainya saja ada yang lebih murah pun, saya harus menghitung cost untuk tiket ke shenzhen pulang pergi untuk belanja dan Quality control ditambah dengan ongkos kirim barang dari shenzhen ke guangzhou.

Pusat elektronik Shenzhen

Pusat elektronik Shenzhen

Selain itu di Shenzhen banyak diantara toko-toko yang saya tanya, tidak memiliki stok. Apabila mereka mengatakan tidak memiliki stok, maka mereka tidak tahu kapan ada stok yang bisa dijual ke kita. Namun, apabila mereka mengatakan harus menunggu 1-2 hari, maka mereka ada stok, namun di Gudang. Menunggu 1-2 hari memang sudah biasa terjadi baik di Guangzhou maupun shenzhen dan dipusat grosir manapun. Karena kebanyakan barang yang ada di toko hanyalah display dan harus mengambil di Gudang, namun apabila anda memiliki urusan bisnis lainnya di Guangzhou, dan anda harus balik lagi ke Shenzhen untuk mengecek barang, maka anda harus mempersiapkan dana lebih.

Pembelian barang di Shenzhen masih harus dipertimbangkan dan dipikirkan baik-baik. Apabila anda bergerak dibidang security system, LED lamp dan gadget accesories, produk Shenzhen masih harus dipelajari lebih lagi. Mungkin saja untuk barang lainnya memang lebih murah dan harga cocok untuk pasar anda.

Yanie Thiorisa.
China Private Business Tour.