Seperti yang pernah saya post sebelumnya tentang toilet di China tidak sejorok yang anda biasanya lihat di Google, dalam trip kali ini saya tidak lupa foto untuk anda. Jorok tidaknya toilet dilihat dari dimana anda menemukan toilet tersebut, sama seperti di Indonesia, ada toilet yang bersih, ada toilet yang jorok. Tapi toilet di China tidak sejorok yang sering orang katakan kok, tergantung tempatnya.

Toilet di Gungzhou, China.

Toilet di Gungzhou, China.

Ini adalah beberapa foto toilet yang saya ambil, kebetulan ini adalah foto toilet di Mall, beberapa tempat grosir toiletnya mirip seperti ini, yang membedakan adalah baunya. Hahaha. Selain di Mall, kebanyakan toilet di Cina bau meskipun bersih. Untungnya, kebanyakan tempat grosir di guangzhou berada didalam gedung yang bagus. Jadi toiletnya masih layak kita gunakan.




Meskipun tidak begitu jorok, tapi toilet di Cina memiliki kelemahan, yaitu tidak ada air semprotan, hanya ada flush. Jadi buat cewek maupun cowok yang mau buang air besar, kita harus menggunakan tissue untuk membersihkan diri. Untuk wanita, harus selalu membawa tissue apabila ingin buang air kecil, karena tidak semua toilet menyediakan tissue toilet.

toilet guangzhou tidak sejorok yang sering orang katakan.

toilet guangzhou tidak sejorok yang sering orang katakan.

Beberapa toilet yang bagus juga menyediakan tempat buang air kecil laki-laki di toilet wanita. Hal ini karena, terkadang wanita membawa anak laki-lakinya dan buang air di toilet wanita. Untuk itu beberapa toilet wanita juga menyediakan tempat buang air kecil laki-laki yang diletakan agak rendah.




Beberapa toilet juga tidak menggunakan tombol flush, melainkan sensor. Jadi begitu anda selesai buang air, flush akan otomatis keluar.

Guangzhou Toilet.

Guangzhou Toilet.

Sekian informasi tentang toilet di Guangzhou, semoga bermanfaat dan see you on the next post!

Yanie Thiorisa.
China Private Business Trip.