Akhir-akhir ini banyak banget yang tanya saya tentang perbedaan Guangzhou, Yiwu dan Canton fair. Setelah melakukan perjalanan ke Yiwu saya mencoba menarik kesimpulan yang bisa memudahkan anda untuk menentukan apakah pergi berbelanja murah ke Yiwu adalah pilihan yang tepat atau tidak. Pusat grosir guangzhou, pusat grosir yiwu dan Canton fair adalah tempat berbelanja Grosir Cina yang patut dipertimbangkan oleh baik pengusaha maupun calon pengusaha, berikut adalah review dari ketiganya.

Review Pusat Grosir Yiwu, Pusat Grosir Guangzhou dan Canton Fair

Review Pusat Grosir Yiwu, Pusat Grosir Guangzhou dan Canton Fair

Kurang cocok untuk memulai bisnis

Yiwu bisa saya katakan kurang cocok untuk anda yang baru memulai bisnis, hal ini dikarenakan masalah kuantity. Misalnya saja, di Guangzhou 1 model tas anda bisa membeli minimal 1 model perwarna 5pcs, sedangkan di Yiwu, satu jenis tas, perwarna setidaknya anda harus membeli ratusan pcs. Untuk klien yang baru memulai bisnis, biasanya yang mereka butuhkan adalah bisa membeli banyak model dengan jumlah yang sedikit, dengan begitu pembeli mereka memiliki banyak pilihan dan klien saya sebagai penjual tidak perlu stok terlalu banyak barang dengan rupa yang sama.

Pengiriman yang sulit

Memang ada beberapa cargo yang menyediakan jasa pengiriman dari Yiwu ke Indonesia, tetapi tahukah anda bahwa hampir semua cargo juga mengirimkan muatan mereka ke Guangzhou. Untuk itu anda harus mencari lagi cargo mana yang pas untuk mengirimkan belanjaan anda dari Yiwu ke Guangzhou dan ada biaya tambahan.



Diantara pusat grosir Guangzhou dan Canton Fair

Dari segi serba serbi pembelian barang, Yiwu berada diantara pusat grosir Guangzhou dan Canton Fair. Dari segi kuantity pusat grosir Yiwu menawarkan jumlah yang lebih banyak dari Guangzhou namun lebih sedikit dari Canton Fair, begitu juga dengan harga. sedikit lebih murah dari Guangzhou (sebelum ongkos pengiriman ke gudang cargo di Guangzhou).

Ready to wear woman accesories cheap wholesale market, Guangzhou, China

Ready to wear woman accesories cheap wholesale market, Guangzhou, China

Pelayanan yang lebih ramah

Pusat grosir Yiwu terlihat memiliki pelayanan yang lebih ramah jika dibandingkan dengan Guangzhou. Hal ini saya nilai mungkin karena suasananya yang lebih sepi dan santai, membuat orang-orangnya lebih rileks dalam melayani pelanggan. Sangat jarang saya temui ada lebih dari satu buyer dalam toko yang sama. Berbeda dengan Guangzhou yang satu toko bisa melayani beberapa buyer, jadi kemungkinan anda tidak dilayani dengan ramah di Guangzhou lebih besar karena ramainya suasana dan suasana hiruk pikuk orangnya.

Bahasa Mandarin di Yiwu

Di Guangzhou, kebanyakan orang menggunakan bahasa Cantonese sebagai bahasa sehari-hari mereka, namun begitu menyadari kita adalah foreigner mereka akan menggunakan bahasa Mandarin, bahasa inggris yang pas-pasan tau dengan bahasa kalkulator :D. Di Yiwu hampir semuanya menggunakan bahasa Mandarin langsung kepada saya, hanya saja ada beberapa pelafalan yang sedikit berbeda dengan yang biasa saya gunakan seperti “ren”=orang, terkadang pengucapan mereka terdengar seperti “nen” yang sebenarnya dia maksud “ren”.




Mana yang lebih baik antara pusat grosir Yiwu, pusat Grosir Guangzhou dan Canton fair harus disesuaikan dengan kebutuhan klien dan gaya klien dalam membeli suatu barang. Apabila anda lebih suka kota yang sibuk, metropolitan, datang lah ke Guangzhou, apabila ada menyukai kota yang tenang dan anda ingin membeli dalam jumlah yang banyak, datang lah ke Yiwu, apabila anda menyukai gaya yang lebih profesional dan membeli dalam kuantiti yang sangat banyak, datanglah ke Canton Fair.

Semoga tulisan ini dapat membantu anda dalam mempertimbangkan mana yang lebih baik antara Yiwu, Guangzhou dan Canton Fair. See you in the next post and good luck!~

Yanie Thiorisa.
China Private Business trip.