selain melihat bayangan dari bagian kertas yang putih seperti yang saya tulis sebelumnya di Cara mengetahui Renminbi asli atau palsu, anda juga bisa melihat

Tips mengenali uang renminbi yang asli

Tips mengenali uang renminbi yang asli

Texture gambar pakaian

Pecahan uang 100 dan 50 memiliki texture kasar dibagian pakaian gambar mantan president Cina ini, untuk itu, sebisa mungkin silahkan anda raba bagian kerah dan baju dari gambar tersebut apakah memiliki texture atau tidak. Apabila tidak ada, anda tidak perlu ragu meminta menukarkan kembali uang tersebut kepada orang yang memberikan uang tersebut disaat itu juga.

Cara mengenali uang renminbi palsu

Cara mengenali uang renminbi palsu

Ketebalan kertas

Ketebalan uang kertas palsu tidak setebal uang asli, apabila anda sudah terbiasa menyentuh uang RMB, anda akan tahu perbedaannya. Penduduk Cina sangat peka terhadap uang kertas yang mereka sentuh, sehingga dapat dengan cepat menyadari uang tersebut palsu atau asli.

Bau uang Renminbi

Percaya atau tidak, uang memiliki baunya yang khas, Jangan lupa untuk mengenali bau dari kertas uang Renminbi, setiap pecahan uang renminbi memiliki bau uang yang unik. Uang palsu tidak memiliki bau ini.

Contoh uang renminbi asli

Contoh uang renminbi asli

Tips menghindari uang palsu

  • Sebisa mungkin gunakanlah uang pas saat bertransaksi di toko-toko kecil atau taxi, dimana kemungkinan uang palsu mudah diedarkan.
  • Lakukan pembayaran menggunakan kartu debet, untuk toko-toko yang memiliki fasilitas gesek kartu, atau member card dengan mengisikan sejumlah deposit, dengan begitu anda bisa mengurangi penggunaan uang kertas. Sehingga kemungkinan mendapat uang kertas palsu lebih kecil.
  • Gunakan Wechat Wallet, sudah banyak tempat-tempat di Cina yang bisa menggunakan Wechat wallet atau menggunakan alipay. Pembayaran menggunakan cara seperti ini juga bisa mengurangi kemungkinan anda mendapatkan uang kertas.
  • Membawa senter kecil didalam tas. Saat malam hari adalah saat yang baik untuk penyebaran uang kertas palsu, apalagi ditaxi. Biasanya taxi tidak memiliki pencahayaan yang bagus, sehingga renminbi palsu lebih sulit dikenali.

Singkat kata, mengecek renminbi asli atau palsu mirip dengan mengecek uang palsu di Indonesia yaitu dilihat, diraba, diterawang.

Semoga informasi ini berguna bagi kita semua. Tolong bantu share jika menurut anda informasi ini bermanfaat. See you on the next post!

Yanie Thiorisa.
China Private Business Trip.