Weekend ini ngobrol santai aja yaahh… Seneng banget kalau ngobrol sama klien tentang tau aku dari mana jawabnya “dikasih tau temen aku, dia bilang adatuh blogger yang tinggal di Cina, bla bla bla…” ciyeeehhhh blogger… Hahaha… siapa sih yang tidak suka mendapat label positif setelah berusaha.. 😀 Setelah hampir setahun menjadi seorang blogger #ciyeeeeehh Hahaha masih Baper!

Okay setelah hampir setahun menulis blog yang berdomain pribadi yaniethiorisa.com, dan merasakan kalau blog ini mulai membuahkan hal yang positif, saya akan berbagi sedikit tips dari pengalaman blogging saya. Supaya temen-temen yang baru mulai nge-blog tetap semangat menulisnya.

Dear my blog

Blog adalah catatan dari si penulis, catatan ini sama seperti diary yang sering kita tulis berdasarkan pengalaman yang kita alami. Isi topik yang kita tuliskan ditentukan oleh si penulis sendiri atau dalam kata keren saya sebut blogger. Blog bisa ditulis setiap hari, atau mingguan. Topiknyapun bisa random bisa spesifik.



Blog yang menarik

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, Blog yang menarik adalah blog yang meskipun isinya catatan diary tapi memiliki nilai lebih dalam content dan tidak terlalu random serta memberikan manfaat untuk pembaca, untuk itu blog selain isinya cerita haruslah informatif. Di Indonesia ada banyak sekali blogger yang saya nilai cukup Oke, misalnya membahas tentang kecantikan, fashion, atau cerita kehidupan sehari-hari yang dikemas dalam komedi. Blog saya sendiri isinya adalah catatan saya dalam perjalanan saya ke China mulai dari studi sampai dengan bekerja sekarang dan memberikan tips dan informasi mengenai Cina kepada pembaca.

Tips memulai blog

Tips saat anda baru ingin memulai blog:

    • Pikirkan tema dari blog yang ingin anda bahas, ingat bahwa meskipun blog adalah diary yang anda share di publik, blog yang baik juga memiliki topik khusus yang membuat pembaca tertarik dan ingin membaca lagi dan lagi, ingin mengikuti terus perkembangan anda.
    • Hindari mengcopy blog orang lain, dengan melihat betapa hebat dan banyaknya pembaca dari blog lain, sebaiknya anda menghindari mengcopy blog orang lain. Seandainya saja, anda sangat menyukai fashion, jangan meniru gaya dari fashion blogger lainnya, temukan keunikan gaya anda dan tunjukan siapa anda. mengcopy blog orang lain tidak akan membuat anda kreatif dan merasa enjoy dalam menuangkan ide anda dalam tulisan.
    • Memulai kebiasaan menulis minimal 2 minggu tanpa putus. Hal tersulit menjadi seorang blogger selain memilih topik dan nama domain adalah memulai kebiasaan menulis. Tidak ada yang mudah dari memulai sebuah kebiasaan baru, untuk itu tips dari saya dalam memulai suatu kebiasaan apapun adalah konsisten dalam melakukan kebiasaan tersebut minimal 2 minggu tanpa putus, setelah lewat dari 2 minggu, anda akan kepikiran apabila anda tidak melakukannya.




  • Kebanyakan Pembaca lebih suka melihat gambar terlebih dahulu daripada tulisan, agar membuat blog anda lebih menarik, ada baiknya anda bisa menyajikan gambar-gambar yang menarik atau yang sesuai dengan topik pembahasan anda.

Kekuatan sebuah blog

Kekuatan dari sebuah blog adalah penulisnya. Penulisnyalah jiwa dalam sebuah blog.

Kekuatan dari sebuah blog adalah penulisnya. Penulisnyalah jiwa dalam sebuah blog.Untuk itu keunikan sebuah blog akan seunik penulisnya. Banyak topik yang mirip antara satu blog dengan blog lainnya, tetapi kualitas, tata bahasa, sudut pandang dan pembahasan akan berbeda mengikuti keunikan penulis dan membuat blog menjadi orisinil.

Sekian dulu topik tentang blogging saya bahas hari ini, kapan-kapan kita ngobrol lagi soal blogging yaaa~ See you in the next post!

Yanie Thiorisa.
China Private Business Trip.