Untuk sebagian orang, membeli barang di Cina tidak selalu saat canton fair berlangsung, melainkan bisa juga hanya di Pusat grosir yang ada di Guangzhou. Apabila anda memiliki rencana untuk datang ke Cina tanpa mengunjungi Canton Fair, pilihlah tanggal-tanggal diluar expo Canton Fair.

Memang sih Canton Fair adalah pameran International yang sayang apabila dilewatkan apabila disaat itu kebetulan kita sedang berada di Guangzhou. Saat Canton Fair berlangsung, hampir semua harga hotel naik sekitar 200-400RMB permalam. Selain akomodasi, begitu pula dengan tiket pesawat. Untuk itu, siapkan dana lebih dari jauh-jauh hari untuk mengatasi kenaikan harga saat Canton Fair berlangsung.




Apabila anda pernah mengunjungi Canton fair dan tidak berminat berkunjung lagi. Anda bisa memilih periode private tour di bulan Juni-Agustus. Pada bulan-bulan ini, mungkin saja tiket pesawat dari Indonesia ke China lebih mahal karena di Indonesia sedanhg high season, anak-anak libur sekolah dan libur idul fitri, tapi setidaknya tidak ada kenaikan harga di China seperti saat Canton Fair yang diadakan bulan April-Mei dan oktober-November setiap tahunnya.

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam memilih tanggal keberangkatan, apabila anda membutuhkan jasa translator di Canton Fair, konsultasi mengenai berbelanja di Cina atau private tour guide dalam perjalanan anda di China baik untuk perjalanan bisnis, tour pusat grosir, dan keperluan-keperluan lainnya. Silahkan kontak saya di email. See you in the next post.

Yanie Thiorisa.
China Shopping Guide and Consultant.