arrive safely in China!~~

Baru nyampe di Cina besoknya langsung nge-guide. Klien aku kali ini cari barang-barang fancy, pertama-tama berasa abstrak sih, maksudnya barang fancy itu seperti apa. Memang ada tempat grosir barang fancy tapi ragamnya banyak banget, dan ternyata benar! klien ku kali ini, belanja barang yang beragam banget. Mulai dari grosir tas anak sekolah, grosir boneka, grosir action figure, grosir alat makan, grosir jam tangan, grosir mainan, banyak banget ragamnya!

Grosir fancy Stuff

Grosir fancy Stuff

Klien kali ini punya online shop yang udah lama banget buka di Indonesia, sebelumnya dia membeli barang di Yiwu dan menggunakan jasa private tour guide juga namun dengan sistem yang berbeda, ini kali pertama dia datang ke Guangzhou. Saya jadi memiliki gambaran dan review perbedaan berbelanja di Yiwu dan Di Guangzhou.

Saya mendapatkan banyak informasi dari klien saya yang smart ini. Dalam konteks barang fancy, Dari segi harga menurut dia harga Guangzhou dan Yiwu sama. tetapi kenyamanan berbelanjanya yang berbeda. Hehehe.

Pusat grosir tas anak

Pusat grosir tas anak

Tidak ada bandara yang langsung direct ke yiwu, jadi mesti ke Shanghai atau Hangzhou dulu, dari sana naik kereta menuju kota Yiwu. Jadi untuk perjalanan sedikit lebih jauh dibandingkan pergi ke Guangzhou. Yiwu adalah kota kecil yang memiliki 1 tempat grosir yang sangat luas dan terbagi dalam beberapa distric, menurut hasil penelitian yang pernah di baca oleh klien saya, dibutuhkan waktu 23 hari untuk mengelilingi gedung ini. Saya nggak kebayang bagaimana luasnya dan katanya saat berjalan didalam gedung, gedung ini terlihat seolah-olah setiap lorong tidak ada ujungnya. Sangat luas. Untuk barang fancy yang ragamnya banyak, berbelanja disini sedikit melelahkan, karena perbagian, hanya menjual 1 jenis barang, misalnya selimut, hanya ada selimut, tas, hanya ada tas. Sehingga memakan waktu banyak untuk melihat beragam macam barang.

 

Berbeda dengan Guangzhou, perjalanan ke Guangzhou tidak memakan waktu selama pergi ke Yiwu. Disamping itu, karena Guangzhou adalah kota terbesar setelah Beijing dan Shanghai, Guangzhou memiliki banyak tempat grosir yang dibagi berdasarkan golongan bisnis, seperti fashion, aksesories, textile, stationary, dll. Untuk itu Klien saya merasa senang berbelanja disini. Hanya dengan pergi ke pusat grosir fancy stuff, dia bisa mendapatkan semua yang dia butuhkan disatu area dengan harga yang masuk akal.

Selain Guangzhou, Yiwu menjadi salah satu kota grosir di Cina yang mulai dipertimbangkan orang Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.

China Private Business Trip.
Yanie Thiorisa.