Hahaha…Suka duka anak kost. Sedikit cerita tentang kehidupan pribadi saya di Cina. Yap, saya tinggal di kos-kosan.

Suka duka anak kos-kosan. Belajar bahasa di Cina

Suka duka anak kos-kosan. Belajar bahasa di Cina

Mandiri

Sekolah di Cina kita nggak punya mbak yang biasa membantu kita ngebersihin kamar, cuci baju, angkat galon, dll. Semua harus dilakukan sendiri, lama kelamaan jadi terbiasa dan mengerjakan semuanya sendiri tidak terasa jadi beban lagi! sedikit banyak kita jadi belajar bagaimana menjadi mandiri dan mengurus diri sendiri!

Penampakan kamar kos pertama kali datang

Penampakan kamar kos pertama kali datang

Pertama kali datang, kamar ini bener-bener kosong, berdebu, nggak ada seprai, dan wc kotor. Pertama kali jijik, asing dan nggak betah. Next, kos-kosan ku istanaku!

Meja belajar, merangkap meja rias, lemari baju, rak buku, rak makanan.

Meja belajar, merangkap meja rias, lemari baju, rak buku, rak makanan.

Awalnya terasa sumpek dan aneh karena semuanya dijadikan 1 meja, next “Enak banget, semuanya sudah ada di sini nggak perlu jalan jauh-jauh!” Praktis 😀

Kompak Maksimal!

Waktu saya sekolah diCina, total siswa Indonesia baik yang menggambil kursus bahasa maupun S1 adalah 12 siswa, karena jumlah kami yang tergolong sangat sedikit, Banyak hal yang kami lakukan bersama, mulai dari hang out, shopping, masak, makan cantik, hunting tempat baru, traveling, dll.

Dimarahin Laoshi dan Anak gedung lain

Kami tinggal dikos-kosan yang disediakan sekolah, karena khusus foreigner jadi semuanya dari berbagai macam negara, kecuali mahasiswa Cina. Adapun orang Cina yang boleh tinggal disini adalah Guru dari kampus anak foreigner. Ada sedikit perbedaan antara budaya kos foreigner dan kos siswa lokal. kos foreigner selalu ramai di hari weekend, yaitu jumat dan sabtu, setiap weekend banyak dari siswa foreigner yang nyalain musik keras dikamar dan beberapa siswa minum-minuman berakohol sampai pagi. Gedung ini baru sepi dipagi hari :D.

Suka duka anak kos-kosan. Belajar bahasa di Cina

Suka duka anak kos-kosan. Belajar bahasa di Cina

Berbeda dengan gedung siswa lokal, mereka memiliki jam malam, sekitar jam 11 malam mereka udah pada tidur, dan karena jarak gedung kos kami berdekatan. Sering sekali anak dari siswa lokal protes ke guru siswa foreigner atau marah. Sehingga anak-anak dari siswa forigner sering mendapat teguran. Walaupun mendapat teguran. Gedung siswa foreigner selalu ramai setiap weekend!

Bagaimana dengan aktivitas siswa indonesia?.. Kami juga main sampai tengah malam. Tapi kami tidak minum minuman berakohol, biasanya kami masak bareng dalam 1 kamar dan yang membuat kami ditegur guru adalah, karena kami suka bercanda atau nyanyi sampai lewat dari jam 12 malam 😀

Nggak pernah kesepian

Hidup dikos-kosan nggak akan pernah membuat kita ngerasa kesepian, setiap kali kita butuh teman, anytime. Tinggal jalan kekamar teman, ketok pintu dan Voila! Bahkan kamu nggak perlu ganti baju dulu untuk ketemu teman. Lama-kelamaan, mereka bukan hanya teman, sahabat, melainkan keluarga!

Ngerayain ultah bareng

Kehidupan kampus kuliah di Cina

Kehidupan kampus kuliah di Cina

Hidup kos-kosan yang hangat seperti ini selalu buat kita punya waktu dan kesempatan untuk kasih surprise atau ngerayain ultah bareng.

All in one

Dormitory sekolah di CIna

Dormitory sekolah di CIna

Kamar adalah markas, ruang tidur, ruang belajar, dapur umum, ruang tamu, dan fitness centre! Kamar kami ukurannya cukup luas. sehingga cukup untuk menampung 12 orang masak bareng, main bareng bahkan 6 orang aerobik bareng!

Semoga post saya hari ini menambah semangat anda untuk bisa belajar keluar negeri yah!.. saat anda memutuskan untuk sekolah keluar negeri, semua akan terasa berat diawal, tapi lihat apa yang akan anda dapat next! Semuanya akan terasa worth untuk diperjuangkan!. terus semangat belajar!

Yanie Thiorisa