BRT atau singkatan dari Bus Rapid Train adalah salah satu alat transportasi umum di Xiamen yang murah, praktis dan cepat. Kalau dikota-kota besar lainnya di China seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Shenzhen ada MRT yaitu kereta bawah tanah yang bekecepatan tinggi. Xiamen membuat jalurnya diatas, menggunakan Bus, tanpa halangan, tidak ada kendaraan lain, dan otomatis sangat cepat.

Ide transportasi seperti ini juga bisa jadi alternatif dalam penataan transportasi kota. Jadi tidak harus selalu menggali bawah tanah untuk membuat jalur-jalur baru, namun juga bisa dibuat diatas.

cara pembayaran transportasi ini bisa menggunakan 2 cara, bisa dengan kartu transportasi atau dengan membeli koin. Saat membeli koin kita akan ditanya distasiun mana kita akan turun. Harga koin disesuaikan dengan jarak. 1-2 km adalah 0.5 RMB atau kira-kira2 setara dengan seribu rupiah, begitu seterusnya.




Dijalur ini hanya ada bis dengan kode BRT yang boleh lewat, Bus umum lainnya berada di jalur bawah bersama dengan kendaraan mobil. Hal itu menjadikan jalur ini benar-benar lapang dan dipastikan bebas macet! 😀

Semoga sharing singkat ini dapat memberikan anda inspirasi. See you in the next post!

Apabila anda memiliki pertanyaan seputar belanja murah di Cina, belanja grosir di Cina, tips-tips belanja di Cina, anda bisa langsung email saya di yaniethiorisa@gmail.com