Tags

,

Selain Street Snack di Shang Xia Jiu Road yang menjadi tempat berkumpulnya street snack yang wajib di coba. 海底捞火锅 Hai Di Lao Hot Pot juga menjadi salah satu restoran yang wajib dicicipi! Hot Pot adalah salah satu makanan khas China yaitu panci yang berisi kuah panas yang lezat dan selalu ada pemanas atau kompor agar kuah selalu panas. Untuk isi dari kuah sendiri biasanya disajikan mentah, dan kita memasukan sendiri daging dan sayuran yang kita pilih. Hari ini saya akan memberikan Review dari 海底捞火锅, Guangzhou.

Hai Di Lao Hot Pot, Guangzhou Culinary with Yanie Thiorisa

Hai Di Lao Hot Pot, Guangzhou Culinary with Yanie Thiorisa

Hai Di Lao Hot Pot menjadi salah satu restoran yang sangat saya rekomendasikan karena mereka bukan hanya menjual rasa makanan yang memanjakan lidah, namun juga menjual service yang tak terlupakan. Bagaimana tidak?.. Apabila anda terpaksa harus mengantri karena mereka tidak memiliki tempat duduk untuk anda, anda akan disuguhkan berbagai camilan, buah dan minuman segar yang bisa diambil sepuasnya secara gratis sambil menunggu nomor antrian, selain itu mereka juga menyediakan game-game sederhana yang bisa dimainkan bersama teman-teman agar kita tidak bosan menunggu.. First impression yang wow bukan?!

Makanan Wajib di Guangzhou, China Culinary.

Makanan Wajib di Guangzhou, China Culinary.


 



Bukan hanya sampai didepan pintu sebelum masuk, servis yang oke banget masih berlanjut didalam. Saat masuk kedalam ruangan kita akan diantar sampai ke meja kita, ada satu pelayan yang khusus berkeliling membawa handuk panas bersih untuk para tamu yang ingin membersihkan tangan menggunakan handuk panas.

Must Visit Restaurant in Guangzhou, China.

Must Visit Restaurant in Guangzhou, China.

Bagi wanita berambut panjang, mereka akan memberikan kita ikat rambut secara cuma-cuma agar kita dapat makan lebih nyaman. Mereka juga menyediakan Plastik untuk menyimpan HP agar kuah atau makanan tidak mengotori HP kita saat makan dan HP tetap bisa berada diatas meja. Membawa tas sudah menjadi hal yang biasa bagi para wanita, untuk itu mereka menyiapkan bungkus kursi yang disediakan untuk menyimpan tas, caranya tas diletakan ditempat duduk, dan kemudian kursi dibungkus beserta tas kita. Anda tidak perlu khawatir tas anda tidak dijaga karena tas disimpan didalam sarung kursi duduk kita. Juga tersedai celemek untuk tamu yang makan agar baju kita tidak kotor saat makan.

Rasa yang lezat dan servis yang tak terlupakan dair Hai Di Lao Hot Pot

Rasa yang lezat dan servis yang tak terlupakan dair Hai Di Lao Hot Pot

Untuk buku menu, mereka menggunakan Ipad berbahasa mandarin. Walaupun bahasa Mandarin dan anda tidak paham, semua tulisan disertai dengan gambar, sehingga anda bisa dengan mudah memesan. Hal yang pertama harus dilakukan adalah memesan kuah. Setelah kuah dipesan barulah anda dapat masuk kehalaman memesan isi dari kuah tersebut. Dalam satu panci bisa terdiri dari 1, 2 atau 4 jenis kuah sekaligus. Untuk jenis kuah tersedia dalam pilihan rasa pedas atau tidak pedas. Untuk anda penggila pedas, anda bisa mencoba rasa pedas yang unik dan teramat sangat. Karena pedas bukan hanya berasal dari cabai, melainkan merica khas kota Sechuan di China yang pedasnya buat bibir terasa tebal atau mati rasa.

Makanan Wajib Guangzhou, bersama China Shopping Guide

Makanan Wajib Guangzhou, bersama China Shopping Guide


 



Ada beberapa menu dari Hai Di Lao yang diberikan secara gratis untuk tamu yang datang dan bisa dinikmati sepuasnya, seperti berbagai macam buah-buahan segar, saus yang terdiri dari berbagai macam jenis bumbu, ada juga kacang atau daging cincang pelengkap bumbu, minuman seperti susu sari kedelai, jus buah atau air putih, dan beberapa macam bubur. Untuk makanan tambahan seperti ini bisa kita ambil sendiri, atau apabila kita sedang menunggu seseorang yang belum datang, pelayan bisa menyuguhkan tanpa kita minta. Direstaurant ini, kepuasan pelanggan adalah yang utama.

Ada satu attitude dan value unik yang saya bisa rasakan, yaitu mereka tidak pernah membiarkan pelanggan pergi.

Ada satu Attitude dan value unik yang saya rasakan dan saya simpulkan dari beberapa kali makan direstaurant ini, yaitu mereka tidak pernah membiarkan pelanggan pergi begitu saja. Saya mengambil kesimpulan ini dari pertama, mereka buka 24 jam. Datanglah kapanpun, mereka selalu buka, selalu ramai. Pelanggan yang menunggu tidak dibiarkan menunggu, melainkan disuguhkan dengan berbagai camilan dan permainan agar kita tetap senang saat menunggu. pernah saya sudah menunggu sampai 2 jam lamanya dan ingin membatalkan, mereka tetap meyakinkan saya dengan ramah untuk tetap menunggu karena sayang apabila saya meninggalkan restaurant ini setelah menunggu begitu lama. Karena waktu itu saya tetap memutuskan untuk pulang, mereka memberikan saya kupon diskon yang bisa saya gunakan saat saya kembali lagi.

Wagyu. 海底捞火锅

Wagyu. 海底捞火锅

Keesokan harinya, saya kembali makan di sana sebelum jam makan malam agar bisa mendapat tempat duduk. Yang membuat saya kagum, salah satu pelayan disana yang saya pikir mungkin dia adalah supervisor atau manager menghampiri kami dan mengatakan “Saya dengar anda adalah tamu dari Indonesia, yang kemarin sudah datang dan karena menunggu terlalu lama dan akhirnya pulang hari ini bersedia kembali lagi. Apabila anda sering datang kesini, maka saya memberikan kartu nama saya, anda bisa menghubungi saya dan seterusnya anda tidak perlu mengantri lagi”. Wooooowwww…. #daebak!

Menu yang wajib di Coba di Hai Di Lao Hot Pot

Menu yang wajib di Coba di Hai Di Lao Hot Pot


 



Menu yang saya rekomendasikan yaitu udang yang sudah dihancurkan. menu ini adalah full udang yang sudah dihancurkan dan saat kita masukan kedalam kuah menjadi bola udang yang sangat memanjakan lidah dan bikin ketagihan. Wajib dicoba! Enak! Nggak ada obatnya!!!

Recommend restaurant in Guangzhou, 海底捞火锅!

Recommend restaurant in Guangzhou, 海底捞火锅!

Menu selanjutnya, anda boleh memesan ikan fillet. Kapan lagi makan ikan dalam potongan besar dan lembut dilidah? 😀 menu unik lainnya adalah mie tarik. Mereka memiliki cara khusus dalam menghidangkannya. Yaitu salah satu pelayan yang mengenakan pakaian putih dan topi. Akan memberikan pertunjukan singkat bagaimana dia menarik mie yang tadinya hanya adonan, berubah jadi mi panjang yang dia lempar kesana kemari.

Untuk harga, makanan disini tergolong cukup mahal yaitu sekitar 80-200RMB perorang tergantung dari menu yang anda pesan, tapi saat anda sudah merasakan puasnya makan disini, anda akan merasa worth untuk bayar segitu dan tidak akan pernah menyesal untuk kembali lagi.

Semoga tulisan saya dapat memberikan anda inspirasi, tetap jalan-jalan, tetap makan enak dan mengembangkan bisnis. Good Luck! See you in the next post!

China Wholesale Market Private Tour Guide.
Yanie Thiorisa.