Tags

你好!Lama nggak blogging nih, karena seminggu kemarin sibuk banget, nggak sempat sharing buat temen-temen.. Banyak teman dan keluarga saya yang nanya Yani ngapain aja sih selama di Indo, kan nggak guide, nggak order barang.. hahahaha.. Sharing sedikit yang saya lakukan di Indo selain blogging dan gym, saya baru buka Online Shop, jadi banyak hal yang harus saya pelajari, seperti bagaimana membuat sistem PO, sistem ready stok, bagaimana membuat rekap data yang efisien, dan seminggu kemarin saya habis tutup PO jadi mesti order barang, tracking, belum lagi kalau ada suplier yang nggak kooperatif, juga harus memikirkan perencanaan produk baru di bulan Maret, but so far selama online shop saya baru buka februari kemarin, penjualan saya 100%! *Yeeeaaaayyyyy~~~ yang artinya, semua produk ready stok saya dibulan Februari habis bersiiiihhhh!!!

Tas kosmetik untuk traveling atau gym. bahan Parasut, nggak mudah basah, IDR 58.000.

Tas kosmetik untuk traveling atau gym. bahan Parasut, nggak mudah basah, IDR 58.000.

Untuk bulan maret ready stok agak sedikit terlambat, ini karena imbas dari bulan februari dimana libur imlek di China panjaaaaaaang bangeeeettt.. sampai tanggal 24 februari 2016, 24 itu sendiri adalah hari pertama mereka kembali kerja, jadi mungkin orderan sudah banyak menumpuk, akhirnya, ready stok saya sedikit terlambat.. Tapi maret ini, produk yang saya jual juga nambah ragamnya :D. Semoga Maret 100% juga *amin.

Belum lagi kemarin saya sempat jadi translator, ingat nggak saya pernah nulis tentang Guangzhou Jeepine Packing Machinery Co.,Ltd, Nah salah satu marketing dari perusahaan ini datang ke Indonesia dan ke Surabaya, jadi saya sempat menemani dia untuk berkunjung ke pabrik-pabrik yang sudah janjian sama dia. Selama saya jadi translator, saya banyak bertemu dengan orang baru, dan belajar banyak hal. Ternyata banyak diperusahaan besar untuk level GM-nya Mandarin nya lancar looohh… beberapa memang sering berkunjung ke China, beberapa lagi mungkin karena dia seangkatan dengan orang tua saya, jadi mungkin memang terbiasa menggunakan bahasa mandarin.




Suka duka menjadi translator, klien saya beragam banget, dan setiap bidang usaha memiliki istilah dasar yang berbeda-beda. Disitu saya mau nangis! temen-temen translator juga pasti ngerti. Tapi disitu serunya, kita jadi terus belajar hal baru, dan tidak mudah bosan, selain itu bertemu orang baru plus wawasan baru.

Tips buat teman-teman!

  • Kalau punya teman dari luar kota, atau dari luar negeri paling enak nginap di hotel Cleo atau Bekizaar depan Tunjungan Plaza. Why?
  • Di deket hotel ini, ada McD dan KFC, sometimes orang dari luar negeri ada yang nggak biasa makan masakan Indonesia, tapi semua orang pasti bisa makan McD dan KFC, praktis, ada gambar dan harganya, jadi kalau mereka nggak bisa bahasa Indonesia, mereka juga masih bisa nunjuk gambar.
  • Kelebihan lainnya, kalau butuh ke supermarket, mereka tinggal nyebrang jembatan penyebrangan di depan KFC dan Voila! Sampai di Ranch Market, mulai dari produk indonesia sampai Import juga ada, jadi cocok buat temen-temen dari luar negeri.
  • kedua hotel ini juga menyediakan breakfast buffet, jadi nggak perlu khawatir tamu kalian nggak sarapan.
  • Jalan sedikit dari jembatan penyebrangan, sampai deh di Tunjungan Plaza, ada apotik, banyak tempat makan, tempat belanja, dll.
  • Letaknya yang ditengah kota, membuat kita mudah mengajak mereka jalan-jalan ke tempat lainnya.
  • Untuk harga ini masih terjangkau sih, waktu teman saya datang kemarin, 24-28 Februari 2016, harga diantara IDR 350.0000-600.000/ malam (tergantung pilihan ruangan). Masih Oke kan untuk hotel yang posisinya strategis banget. Bisa lebih murah seidkit kalau pakai Agoda.

Sekian sharing dari saya kegiatan seminggu ini sampai-sampai nggak update apa-apa baik di blog maupun di Instagram: Chinashoppingguide. Semoga tetap memberikan pengetahuan dan manfaat yah buat temen-temen pembaca. See you in next post guys!

China Wholesale Market Private Tour Guide and Consultant.
Yanie Thiorisa.