Halo teman-teman! 😀 Happy Weekend~~~ Just for Information, Bagi anda yang bervegetarian atau suka nyobain makanan vegetarian, Silahkan datang ke Grand City, Surabaya. Lagi ada Bazar makanan Vegetarian dari tanggal 18-21 Februari 2016 loh.. Hahahha.. Okay hari ini aku akan pakai bahasa santai aja. Topiknya juga bukan seputar bisnis, tapi lebih ke daily life di China. Yaitu Toilet di China! Maaf kalau bahasa yang digunakan mengandung beberapa kata yang jorok, karena topiknya sendiri seputar Toilet.

Toilet di China Jorok

Pasti banyak banget teman-teman yang mengira toilet di China jorok. Sebelum saya berangkat aja sudah banyak banget temen-temen yang ngomong ke aku kalau Toilet di China jorok, nggak ada flushnya, nggak ada pintu, bahkan maaf buat temen-temen yang mau buang air besar, teman-teman akan melihat kotoran dari orang sebelumnya di toilet yang temen-temen masukin. Karena banyak yang mengatakan bahwa di China Toilet memiliki durasi tertentu yang akan secara bersama-sama di Flush. Hal ini dilakukan karena kotoran manusia akan dipakai untuk pupuk lagi, jadi tidak boleh banyak mengandung air(saya kurang tahu kebenarannya mengenai informasi ini). Dan sebaiknya cari toilet didalam hotel berbintang atau restoran mewah.

gambaran Toilet di China. Sumber: Google

gambaran Toilet di China. Sumber: Google

Persiapan Menghadapi Toilet China

Hasilnya, sebelum berangkat ke China saya mempersiapkan payung lipat yang rencananya akan saya bawa terus kemana-mana kalau saja toilet memang tidak ada pintu, membawa tissue basah, tissue kering, air bersih.. Hahaha.. Kalau-kalau mana tahu nantinya di butuhkan.

Pintu, flush, dan tong sampah

Ternyata nggak!.. Saya tinggal di Kota guangzhou, Toiletnya nggak seburuk yang banyak orang-orang bilang. Ada pintu, bersih, ada flush, ada tong sampah. Sometimes, kalau kita ke Toilet di Shopping Mall yang besar, Toiletnya bahkan lebih canggih dan lebih bagus dari toilet Indonesia, beberapa mall yang unik seperti fashion mall, Tianhe, Toiletnya juga unik (sayang saya ga ada fotonya, nggak kepikiran buat foto toilet waktu itu) ada sensor flush otomatis. Jadi habis pup atau pipis, otomatis siram deh. Disediakan juga tombol manualnya. salah satu restoran jepang, toiletnya juga canggih, toilet duduk, ada flush, ada air yang keluar untuk membersihkan kita yang habis pup atau pipis, dan ada blower pengering. Pup pun berasa bagaikan raja. Hahahaha.. Tapi, yang membedakan dengan Indonesia, di Toilet China tidak disediakan air lain selain Flush atau di Washtafel, nggak seperti Indonesia yang disediakan semprotan air, atau air dalam ember, dan mayoritas toiletnya adalah toilet jongkok, buat cewek, saya sarankan always bawa tissue yah.

gambaran Toilet di China. Dui Bu Qi, Sumber: Google

gambaran Toilet di China. Dui Bu Qi, Sumber: Google

Toilet Indonesia di China

Kalau kangen banget sama toilet Indonesia, datang aja ke Pandan Indonesia yang ada di jalan Huan Shi East Road, toiletnya persis toilet Indonesia, Koki dari restoran yang disini juga adalah orang Surabaya, Masakannya pasti bikin temen-temen melting karena kangennya dengan masakan Indonesia. Teman-teman saya dari Negara lain juga suka banget masakan Indonesia setelah makan disini.

Pipis di Sembarang tempat

banyak juga teman-teman yang bilang orang Chinanya sendiri jorok, pipis atau pup disembarang tempat. Saya pernah diceritakan ada yang pup di halte bis, ada yang pup di trotoar, bahkan anak kecil bisa pipis atau pup disembarang tempat termasuk mall. Kalian nggak akan lihat ini di Guangzhou guys, Selain banyak orang meludah sembarangan, Guangzhou cukup bersih, ada tong sampah dimana-mana, banyak toilet umum. Kalaupun ada yang pipis sembarangan itu cuma anak kecil yang pipis di pohon atau langsung di bak sampah. Sampah disini juga dibagi dalam sampah kering atau basah. Jadi hapus bayangan-banyangan dalam pikiran anda kalau China jorok. Anda tidak akan melihat itu di guangzhou.



Mengapa banyak orang bilang toilet China jorok?

Mungkin, itu karena guangzhou adalah kota besar, kota maju, pusat perdagangan China. Banyak banget foreigner tinggal, bisnis dan berwisata di Guangzhou, sehingga kotanya sangat bersih dan modern. Berbeda cerita apabila anda pergi ke kota-kota kecil, dan memiliki toilet-toilet tua. Saya pernah berwisata kekota kecil lainnya. yah, memang anda akan menemukan toilet yang mungkin bersekat separuh badan dan tidak ada pintu, tidak ada lampu. Toilet seperti ini selain di kota kecil, terlihat seperti toilet tua, Disitulah payung anda di butuhkan, untuk menutupi bagian yang perlu ditutupi, karena kita tidak terbiasa tanpa pintu, tapi kalau orang Cinanya sendiri maahh… cuek ajaaa… dan toiltenya tidak ada flush, jadi kotoran-kotoran akan ditumpuk terlebih dahulu. Sumpah itu Jorok banget! mending di tahan sampai hotel atau cari restoran bagus deh! dan karena di tumpuk, Baunya nggak ada obatnya.

Deket Toilet di Sediakan Air Minum

Saya nggak tau juga kenapa, dan dari mana air itu berasal. Hahaha. Tapi di China saya banyak banget melihat mesin untuk air minum deket toilet, biasanya ini di gedung-gedung pusat grosir sih, bukan di Shopping Mall. Ada air dingin dan ada air panas, kalau air panas biasanya orang-orang ambil buat bikin teh, airnya keliahatan panas banget dan orang-orang bawa tumbler, saya sih nggak pernah minum, karena nggak yakin aja sama airnya :D.

Toilet di Kos-kosan

Tentu saja Toilet di Kos-kosan aku nggak gini yah :D. Ini cuma ilustrasi dan sumber : google

Tentu saja Toilet di Kos-kosan aku nggak gini yah :D. Ini cuma ilustrasi dan sumber : google

Karena saya tinggal di Kos-kosan untuk mahasiswa foreigner, jadi toilet saya bersih dan Toilet duduk. 1 kamar di tinggalin 1-2 orang dan Kamar mandinya dikamar masing-masing lengkap dengan balkon. Sementara buat temen-temen yang mau ambil S1 atau S2 dan tinggal gabung sama mahasiswa Cina, biasanya toiletnya duduk, ada yang dikamar, ada yang toilet umum. Kalau toiletnya di kamar, biasanya toilet jongkok dan digunakan 4 -6 orang, karena untuk orang China sendiri, kos-kosan dihuni 4-6 orang per kamar dan biaya sewanya super murah. Kalau sistem kosnya Toilet Umum, disetiap lantai disediakan beberapa toilet.



Sekian informasi dari saya seputar toilet, Maap yah nggak ada foto-foto yang saya take sendiri kali ini :'( Semua sumbernya dari google, karena waktu itu nggak kepikiran bisa sharing soal topik ini, foto toilet kos-kosan jadinya juga udah saya hapus. Sedikit atau banyak, semoga memberikan manfaat dan pengetahuan bagi temen-temen pembaca. Kalau ada topik atau saran yang temen-temen ingin saya bahas seputar China, bisa silahkan temen-temen email ke yaniethiorisa@gmail.com. Good Luck!

China Wholesale Market Private Tour Guide and Consultant.
Yanie Thiorisa.