Canton fair private tour guide

Canton fair private tour guide

你好! Info Canton Fair 119, 2016. Mungkin sebagian dari anda belum pernah mengunjungi, sekedar mendengar, atau bahkan sudah pernah mengunjungi salah satu expo International yang terkenal ini di China. Setiap tahun Canton Fair diadakan sebanyak 2 kali di kota pusat perdagangan China yaitu Guangzhou. Ini waktunya bagi pabrik-pabrik di China untuk unjuk gigi mereka di mata international. Akan ada banyak sekali tamu dari berbagai negara yang akan datang ke expo ini, bukan hanya untuk membeli namun juga untuk unjuk gigi perusahaan mereka, karena Canton Fair juga memiliki International Pavilion, jadi bukan hanya perusahaan dari China saja, melainkan juga ada dari korea, taiwan, hongkong, macao, malaysia bahkan Indonesia.

 

Phase 1: 15-19 April 2016 Phase 2: 23-27 April 2016 Phase 3: 1-5 Mei 2016 Untuk info lebih lengkap tentang canton fair bisa anda klik di canton fair 119.

1 Phase 5 hari

Setiap Phase Canton fair dilaksanakan selama 5 hari mulai dari jam 9.30-18.00, namun di hari ke 5 hampir semua tenant akan tutup pada pukul 12.00. Tenant akan mulai berberes setelah jam makan siang, maka mereka akan sulit melayani anda. Jadi untuk hari terakhir disetiap phase sebaiknya anda datang lebih pagi.

canton fair Vs Pusat grosir

Apabila anda sudah sampai di kota Guangzhou, selain datang ke canton fair sangat disayangkan apabila anda tidak menyempatkan diri untuk datang juga ke pusat grosir murah di Guangzhou, agar anda memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang perbedaan berbelanja di expo dan di pusat grosir murah.

Pusat grosir guangzhou dan canton fair

Pusat grosir guangzhou dan canton fair

English & Mandarin

Bahasa yang digunakan di canton Fair adalah bahasa Inggris, namun akan lebih memudahkan apabila anda bisa berbahasa mandarin. Hal ini dikarenakan, setiap tenant menyediakan translator yang bisa berbahasa inggris, namun beberapa tenant, translator bukan dari perusahaan mereka, namun semacam translator freelance. Jadi, beberapa translator akan menanyakan pertanyaan anda kepada PIC di tenant, proses tanya jawab akan memakan sedikit waktu karena translator tidak langsung menjawab melainkan harus bertanya terlebih dahulu kepada PIC. Apabila anda bisa berbahasa mandarin, saat translator kesulitan anda bisa langsung menggunakan bahasa mandarin untuk menghemat waktu.

 

Menghindari macet dan berdesakan

Pulang sebelum jam 17.00. Saat anda di canton fair, sangat mungkin anda akan lupa waktu, area canton fair terdiri dari 3 area, dan masing-masing area cukup luas, saya rasa kita tidak bisa menghabiskan semua area canton fair dalam waktu 1 hari. Saran saya pulang lah sebelum jam 17.00 dari canton fair kalau anda tidak mau berdesakan didalam kendaraan umum atau macet saat anda naik taxi. Karena jam pulang kantor di China sama seperti di Indonesia yaitu sekitar pukul 16.00-18.00 berdesakan mungkin akan anda rasakan sampai pukul 19.00.

Dog food automatic Dispenser

Dog food automatic Dispenser

Lunch time

Untuk makan siang anda tidak perlu bingung, karena di canton fair ada area food court dan McDonald, hanya saja, harga makanan cukup mahal dan biasanya sudah dipaket-paketkan. Anda tidak akan menemukan restoran alacart, karena jumlah pengunjung yang sangat banyak, setiap tenant food courd dan McDonald sudah menyediakan paket-paket makanan sehingga proses membeli makanan akan sangat cepat. Apabila anda harus membeli makanan halal, anda bisa membeli pizza atau Mcdonald. Harga makanan paket seperti mie, atau nasi lengkap dengan buah dan minum berkisar antara 50.000-70.000 rupiah perorang, sedangkan untuk paket McDonald harga berkisar 80.000 rupiah perorang, isinya adalah burger, kentang, chiken nuget dan softdrink.

Canton Fair and Guangzhou wholesale private tour guide

Canton Fair and Guangzhou wholesale private tour guide

Super Big Bazar

Biasanya kita tidak bisa membeli barang saat canton fair berlangsung, karena tujuan dari expo ini hanyalah unjuk gigi alias pamer pabrik dan perusahaan masing-masing. Jadi disini anda hanya bisa mencari kontak-kontak suplier, proses jual beli bisa dilaksanakan diluar canton fair, melalui email atau pertemuan lainnya. Tapi khusus untuk Canton Fair phase 3, ini sangat special karena akan ada banyak sekali tester makanan! 😀 Phase 3 lebih terlihat seperti bazar, karena kita bisa berbelanja on the spot! biasanya yang ikut dalam ajang ini ada macao dan hongkong dengan kue-kue khas mereka yang biasanya kita bisa beli di toko oleh-oleh negara tersebut, ada beberapa negara yang menjual madu, malaysia hadir dengan banyak sekali varian kopi baik kopi biasa maupun kopi luwak, tidak lupa juga dengan minuman coklatnya. Korea hadir dengan banyak produk kecantikan, tidak lupa mask sheet pastinya, banyak kosmetik produk korea yang tidak pernah kita lihat di Indonesia maupun china. Dan barang-barang unik lainnya dari berbagai negara yang bisa kita beli langsung di canton fair. Untuk China sendiri akan ada banyak tester makanan dan minuman seperti teh, manisan, mie, kacang-kacangan, dan banyak produk makanan lainnya dari perusahaan di China yang bisa kita cicipi.

wajib dibawa

Beberapa benda yang harus di bawa apabila anda pertama kali datang ke canton fair adalah uang sebesar 100RMB untuk pendaftaran, hanya sekali seumur hidup. Foto 3×4 dan paspor. Apabila anda sudah pernah datang sebelumnya, cukup bawa kartu keanggotaan anda tahun lalu, apabila anda tidak membawa dan ingin membuat kartu lagi, anda harus membayar sebesar 200RMB karena data anda telah ada didalam sistem mereka. Apabila anda tidak membawa foto, dicanton fair disediakan foto corner instant dimana biayanya sebesar 30RMb untuk 4 lembar foto. Apabila paspor anda tertinggal dihotel, pihak canton fair bisa menghubungi hotel tempat anda menginap untuk mencocokan nomor paspor anda, dengan syarat, hotel tersebut dipesan atas nama dan identitas anda. Sehingga mereka memiliki data-data anda, apabila kamar anda di pesan atas nama teman atau orang lain, maka untuk masalah ketinggalan paspor, tidak ada obatnya! 😀 anda harus pulang untuk mengambil paspor karena tidak bisa masuk. Sekian tips-tips dari saya, semoga bisa memberikan manfaat buat kehidupan maupun bisnis pembaca, apabila ada pertanyaan, kritik atau saran bisa kontak saya di email yaniethiorisa@gmail.com.. Thank you for reading, Need Canton fair private tour guide? good Luck!

China Wholesale Market Private tour Guide and Consultant. Yanie Thiorisa.