Tags

你好! Lama banget nih nggak blogging, karena seminggu kemarin super sibuk.. persiapan imlek, ngurusin online shop, acara-acara keluarga, sampai-sampai nggak sempat blogging. Okay hari ini topik saya adalah Bisnis yang enak? 😀 Banyak banget temen-temen yang chat saya kasih pertanyaan ini, Bisnis apa yang enak dilakukan di Indonesia? Well, saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan anda menanyakan ini kepada saya. Saya tentu saja tidak bisa mengambil keputusan bisnis apa yang harus anda kerjakan, saya mencoba memberikan anda tips yang semoga membantu anda dalam menentukan bisnis apa yang cocok bagi anda.

China Shopping Guide

China Shopping Guide

1.Find your Hobby

Temukan 3 hobi dalam hidup anda: 1. Hobby to make money 2. Hobby to keep in shape 3. Hobby to be creative

 

2. Business is not always be dropshipper

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan barang di Indonesia dan negara-negara lainnya adalah made in China. Tapi apakah untuk berbisnis, kita harus selalu menjadi reseller bagi China, tidak selalu :D. yang perlu anda temukan adalah tujuan hidup anda, buat goal-goal baik panjang maupun pendek, temukan goal panjang anda, ingin menjadi pebisnis seperti apa anda 20-30 tahun kedepan, tentukan diusia berapa anda ingin mencapainya. Next step? buat target-target kecil yang membawa anda berjalan ke tujuan anda, yang membuat anda semakin dekat dengan tujuan anda.

Selain menjadi reseller, Temukan dalam diri anda aktifitas apa yang anda sukai, hal ini akan membuat anda menemukan hal-hal kreatif, saya lihat banyak orang-orang Indonesia yang mulai menemukan hal ini, ada yang menjadi komedian di youtube seperti Last Day Production, ada yang menjadi tutor make up di youtube seperti Cynthian Sunartio, ada yang menjadi fashion blogger seperti Anaz Siantar, ada juga yang mengawali karir youtuber dengan menjadi translator lagu bahasa korea seperti Han Yoora, dan pekerjaan-pekerjaan kreatif lainnya yang sesuai dengan passion mereka baik dibidang IT, atau mungkin anda menyukai art and craft dan suka dengan hal-hal berbau DIY, dan sebagainya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

3. Find What make you interesting

Apabila anda benar-benar ingin berdagang sesuatu namun sulit menentukan barang apa yang profitable. Saya rasa anda bisa mulai dari barang-barang yang anda sendiri menyukainya. Semua barang akan profitable! tergantung bagaimana sistem yang dagang yang anda buat. Banyak sekali yang bertanya barang apa yang murah di China, namun bisa dijual mahal di Indonesia, saya pasti akan menjawab tergantung kuantiti. Semakin banyak semakin murah. Mau murah saya ajak ke Canton fair, mau murah tapi beli sedikit saya ajak ke pusat grosir. 😀

Baca: Daftar Pusat Grosir Barang Murah

“saya juga sulit menentukan barang apa yang saya sukai”. Saat anda jalan-jalan ke  mall, perhatikan barang apa yang biasanya anda suka untuk lihat dan pegang dalma keadaan anda punya atau tidak punya uang. Hahaha. Saat anda punya uang anda merasa ingin membeli, saat tidak punya uang, memegang atau melihatnya saja (window shopping) anda sudah senang :D. Sebagai contoh, saya sangat suka melihat Tumbler, walaupun saya sudah punya banyak, saya tidak membutuhkannya, dan saya tau apabila saya beli tidak akan terpakai, saya selalu suka window shopping melihat tumbler <3. Selain itu saya juga tas wanita <3.

 

4.Fall in love

Saat anda menjual barang yang anda sukai dan anda menyukai pekerjaan anda, anda akan selalu menemukan cara untuk terus mengembangkannya dan menemukan cara-cara baru untuk membuat anda semakin dekat dengan goal anda.

5.online store

Saat ini proses jual beli barang sudah mulai berubah kearah online, banyak sekali pedagang seusia saya memulai bisnis mereka dari online shop, bisa melalui website, sos med seperti instagram, atau bisa juga anda menitipkan pada e-commerce seperti TokopediaBukalapak, dll. Apabila anda memiliki merk produk sendiri, usahakan agar anda memiliki website sendiri, selain terkesan lebih profesional, memiliki website sendiri membuat pengunjung toko anda bisa memilih barang dengan lebih nyaman karena dengan website anda bisa mendesign sendiri toko anda, sebagai contoh barang bisa di atur sesuai kategori. Tidak seperti sos med yang dimana pengunjung harus scroll kebawah untuk melihat semua produk jualan anda dan tidak dapat di kategorisasikan.

Apabila anda telah memiliki offline store / toko fisik, memiliki online shop juga tidak ada salahnya, bahkan sekarang tidak sedikit yang online storenya lebih rame pembeli daripada offline store.

6.Bisnis Consultant

Untuk membuat website e-commerce saya merekomendasikan Dunplex.com, Dunplex juga bisa menjadi konsultan bisnis anda disamping menyediakan jasa yang berkaitan dengan teknologi dan informatika. Website saya juga dibantu Dunplex loh, dan saya tidak dibayar sepersen pun dan tidak atas sepengetahuan Dunplex untuk merekomendasikannya, melainkan dari pengalaman saya sendiri.

Beberapa tips diatas mungkin bukan Tips yang paling manjur untuk anda, namun merupakan pengalaman yang bisa saya bagikan saat saya memulai karir sebagai China Shopping Guide dan China Bisnis Blogger. Sekian sharing dari saya semoga dapat memberikan manfaat bagi anda yang membaca.

China Wholesale Market Private Tour Guide and Consultant.
Indonesia Translator.
Yanie Thiorisa.