Tags

你好朋友们! wah, 2 hari lagi kita akan segera menyambut hari imlek!!! Yaaayyy!!!! beruntunglah kita yang masih single atau belum menikah karena masih bisa menerima banyak Hong Bao!!! Hahahaha… Hari ini saya akan sharing tentang pengetahuan saya tentang imlek yang saya pelajari saat masih sekolah di Cina, ada dibuku pelajaran saya yang tertulis dalam full bahasa mandarin. Hihihi..

Celebrate New year of the Monkey

Celebrate New year of the Monkey

恭喜发财

Saat imlek, kita selalu diajarkan oleh orang tua kita untuk mengucapkan ‘Gongxi Gongxi!’ Gongxi sendiri artinya adalah selamat/congratulation. Jadi kata Gongxi sendiri bisa digunakan untuk memberikan selamat kepada orang yang merayakan perayaan tertentu, bukan hanya saat imlek, tapi juga bisa saat pernikahan, ulang tahun, pembukaan kantor baru, dan perayaan lainnya. Nah, saat imlek kita akan sering mendengarkan kata Gongxi Facai, Facai berarti nasib yang dalam hal ini diartikan nasib baik. Gongxi facai sering diucapkan sebagai kata selamat tahun baru sekaligus mendoakan kita agar bernasib baik di tahun tersebut. Dalam budaya cina sendiri kita juga bisa menambahakan doa lainnya saat mengucapkan Gongxi, seeprti sehat selalu, dan doa-doa baik lainnya.

 

万事如意

ada lagi kata yang sering di dengar di televisi atau di kemasan bingkisan parcel yaitu wanshiruyi ( baca: wan she ru yi) yang artinya realize all one’s wishes atau semoga apa yang kita cita-citakan bisa tercapai ditahun tersebut.

ayam, bebek, daging, ikan

Chinese New Year Dinner Culture

Chinese New Year Dinner Culture

Dalam budaya China, ada beberapa jenis makanan yang harus dihidangkan diatas meja, ternyata alasan ada beberapa jenis makanan ini bukan hanya karena rasanya, melainkan karena pengucapan jenis makanan ini dalam bahasa mandarin memiliki arti baik lainnya. Ikan diucapkan “yu” (鱼),namun ada huruf lainnya yang memiliki pengucapan yang sama yaitu 余 (baca: yu) yang berari surplus/ kelebihan. Surplus disini disimbolkan dengan ikan. ada ikan, berarti ada surplus, berharap ditahun yang baru ini kehidupan menjadi lebih baik, setiap anggota keluarga ada surplus.

makan dumpling

Dalam budaya imlek, setelah makan malam imlek, seluruh keluarga akan menunggu sampai tengah malam sambil memakan dumpling. Bukan karena mereka ingin menyambut tamu ditengah malam atau masih kurang kenyang, melainkan karena tahun yang lama akan segera pergi, dan tahun yang baru akan segera datang, mereka menunggu waktu pergantian untuk meyambut tahun baru, sambil makan dumpling karena bentuk dumpling mirip dengan bentuk uang China zaman dulu. Sambil menunggu tengah malam, anak-anak kecil juga akan menyiapkan petasan.

Chinese Dumpling

Chinese Dumpling

petasan

Petasan dimaksudkan untuk mengusir hal-hal yang buruk ditahun baru, suara yang keras dan meriah dipercaya akan mengusir kesusahan, kesedihan dan hal-hal buruk ditahun baru. Masih banyak budaya-budaya imlek lainnya yang kalau saya jelaskan satu persatu bisa membuat anda lelah membaca, hahahaha.. Mungkin ada beberapa informasi yang anda lebih paham dari saya, bisa anda bagikan ke saya karena saya juga tertarik dengan topik ini, Jadi, sekian dulu informasi dari saya, selamat mempersiapkan tahun baru imlek!!!

China Wholesale Market Private Tour Guide.
Indoensia Translator.
Yanie Thiorisa.