Ni Hao! 🙂

Apakah anda pernah mendengar ada orang yang melarang anda berlibur di Cina saat imlek?.. Saya salah satunya. Hehehe..

China Wholesale Market Private Tour Guide. Private tour guide untuk hunting barang murah di Cina

China Wholesale Market Private Tour Guide.
Private tour guide untuk hunting barang murah di Cina

Dari pengalaman saya sebelumnya, liburan di Cina saat imlek tidak terlalu saya rekomendasikan, terutama untuk berbisnis. Saat menjelang hari imlek, pabrik, kantoran, pusat grosir, ekspedisi dan kurir akan libur panjang. Libur yang sangat panjang! untuk anak-anak sekolah sampai mahasiswa, akan libur sejak awal januari hingga awal maret, sedangkan untuk pabrik, perkantoran, suplier dan cargo akan libur 2 minggu sebelum imlek sampai 2 minggu setelah imlek, hampir satu bulan dan bahkan bisa lebih!

Tahun lalu di tanggal yang sama dengan hari ini, saya masih berada di China, saya menunggu-nunggu hari imlek datang, saya ingin melihat bagaimana suasana imlek yang menjadi perayaan dan libur terbesar di China. Saya ingin merasakan bagaimana suasana meriah yang dirasakan di negara ini. Namun ternyata, dugaan saya salah.




China memang merayakan imlek dengan sangat meriah, namun tidak di kota Guangzhou, kota Guangzhou sendiri adalah kota perdagangan dan kota besar dimana kebanyakan penduduk kota ini datang dari desa atau kota-kota kecil. Sehingga, sebulan sebelum imlek datang, mahasiswa mulai pulang kampung, kantin sekolah tutup, bahkan toko-toko kecil, dan depot-depot kecil diguangzhou tutup selama lebih dari sebulan. Untuk isi pulsa pun nggak ada yang jual. Guangzhou yang biasanya sangat ramai oleh manusia, tiba-tiba menjadi sangat sepiiiiii… anda tidak perlu mengantri, dan transportasi umum sangat sepi.

Ini adalah suasana MRT Station di Guangzhoou railways station saat orang-orang mulai pulang kampung.

Anda boleh merayakan imlek disana apabila anda memiliki teman Cina yang tinggal dikota kecil dan anda diizinkan untuk ikut dia pulang kampung merayakan imlek dengan keluarganya. tetapi apabila ada datang untuk berbisnis, ini adalah kesalahan.

Untuk libur imlek tahun ini, cargo, pabrik, suplier, dan lain-lain akan beroperasi mulai tanggal 24 Februari 2016. Jadi untuk yang mau order barang, bisa mulai order ditanggal tersebut. Sekian informasi dari saya, semoga dapat memberikan pengetahuan dan manfaat. Happy Shopping!

China Wholesale Market Private Tour Guide.
Indonesia Translator.
Yanie Thiorisa.