Tags

WeChat

WeChat

Bagi siapapun yang tinggal di China entah untuk studi ataupun bekerja, pertanyaan yang sering ditanyakan rekan kerja atau teman anda di Cina adalah “Punya WeChat?

Hampir semua orang di China punya account chatting milik China yang satu ini yang dalam bahasa mandarin disebut 微信 (Baca: Wei Xin). Berbeda dengan orang Indonesia dimana satu user memiliki banyak aplikasi Chatting seperti Line, whatsapp, blackberry messenger, kakao talk, snapchat, dll. WeChat adalah aplikasi Chatting yang wajib anda miliki saat anda berada di China. Hampir disetiap kartu nama orang di China menyediakan barcode WeChat disamping menyediakan No. Telepon dan alamat.




Selain aplikasi chatting, WeChat memiliki banyak kelebihan dari segi fitur yang sering digunakan sehari-hari. Download emoticon gratis atau main game mungkin telah menjadi fitur yang biasa. Tapi bagaimana dengan fitur WeChat lainnya? Mari kita lihat satu persatu:

WeChat. One of chatting application must have in China.

WeChat. One of chatting application in China.

1. Wallet
WeChat memiliki fitur wallet yang sangat mudah digunakan. Kita perlu mendaftarkan account bank yang akan kita sinkronisasikan dengan WeChat account kita. Saat sudah sinkron, maka kita bisa top up (memasukan sejumlah uang)  kedalam account wechat atau withdraw (menarik uang) yang mana uang tersebut akan kembali dalam account bank kita lagi.

WeChat. Must have chatting aplication in China.

WeChat. Must have chatting aplication in China.

2. Transfer
Setelah kita memiliki sejumlah uang didalam account wechat kita, kita bisa melakukan transaksi transfer uang dengan sangat mudah. Semudah anda mengirim sebuah foto. Transfer akan sukses apa bila si penerima juga melakukan accept (menerima transfer), apabila penerima tidak accept, maka transfer belum dianggap berhasil dan tidak mengurangi saldo anda.

WeChat. One of Popular Smartphone Application in China

WeChat. One of Popular Smartphone Application in China

3.Lucky money
Lucky money sebenarnya mirip transfer, hanya saja dikemas dalam kertas merah traditional china dalam bentuk digital (Hong Bao) dan anda juga bisa memberikan keterangan tertentu pada hong bao anda.




4. Payment & Receipt
Saat saya di China, terkadang kita bisa loh membayar di toko menggunakan WeChat tanpa harus friend dengan sipemilik toko terlebih dahulu. Cukup dengan membuka fitur pay & receipt. Penjual akan membuka barcodenya dalam fitur receipt, lalu kita scan, masukan nominal, dan pay.

WeChat. Payment & Receipt, pembayaran tanpa uang tunai terasa sangat praktis dengan fitur Payment & Receipt

WeChat. Payment & Receipt, pembayaran tanpa uang tunai terasa sangat praktis dengan fitur Payment & Receipt

5. Isi Pulsa
Isi Pulsa pun bisa dilakukan sendiri. Anda tinggal memasukan nomor HP anda, atau nomor HP orang lain yang ingin anda isi pulsanya. Lalu pilih berapa jumlahnya. harganya juga lebih murah daripada Counter pulsa loohh.. Hahaha.. sama seperti di Indonesia, misalkan kita ingin membeli pulsa sebanyak 30RMB, maka kita harus membayar 31RMB. Tapi dengan membeli langsung menggunakan WeChat, akan lebih murah daripada Counter.

Aplikasi Chatting yang fiturnya lengkap banget!

Aplikasi Chatting yang fiturnya lengkap banget!

Hmmm… mungkin ada yang berpikir, wah kalau sampai HPnya hilang, habislah sudah semua data termasuk uang yang disimpan didalam WeChat Wallet. Nope~ Saat anda ingin melakukan transaksi apapun yang berkaitan dengan uang anda di Dalam Wallet, anda harus memasukan password/PIN anda. Kalau passwordnya salah, maka transaksi tidak bisa dilakukan. So, Apabila anda ingin mengganti HP anda, anda cukup memidahkan account wechat anda ke HP yang baru, cukup praktis dan aman bukan?

Masih banyak fitur WeChat yang saya belum paham betul, seperti memesan taxi, membeli tiket kereta, tapi dari beberapa fitur saja saya sudah suka banget. Advertising juga tidak sembarangan muncul dihalaman kita wechat kita, Advertising tersusun rapi didalam satu page yang kalau kita nggak buka, maka advertisingnya juga tidak akan mengganggu.

Kelebihan lainnya, di China sering kali toko memberikan promo-promo dengan cara follow WeChat dengan scan Barcode toko mereka, misal gratis shopping bag, potongan harga, souvenir, dll. Tapi tenang saja, setelah kita follow, advertising mereka tidak akan mengganggu, saat kita lagi ingin tahu info tentang toko mereka, tinggal kita buka saja.

Kapan yah kita Indonesia bisa punya aplikasi chatting sepraktis ini, atau mungkin lebih canggih?.. <3

Apabila ada pertanyaan seputar China yang ingin anda tanyakab seputar tempat makan, sekolah, shopping, traveling, atau sekedar memberikan komentar atau saran yang membangun, Let me know dengan email saya di Yaniethiorisa@gmail.com atau bisa mengisi kotak dibawah ini. See you next time, let me be your tour guide.

China Wholesale Market Private Tour Guide and Consultant.
Indonesia Translator.
Yanie Thiorisa.