Tags

Chinese tea culture. Tradisi minum teh Cina

Chinese tea culture.
Tradisi minum teh Cina

Hai dears… Saat anda datang ke China untuk urusan Bisnis, terkadang rekan bisnis China anda akan menyuguhkan teh, mengundang atau menawarkan anda untuk minum bir. Bahkan beberapa hotel menyediakan set peralatan minum teh didalam kamar. Untuk itu, saya pikir mungkin ada baiknya anda mengetahui sedikit tentang budaya dalam minum teh (saya berkesempatan diajarin orang cina) atau bir saat anda minum bersama rekan anda.

Teh

Bukan hanya didalam rumah tangga, biasanya toko yang besar atau ruang tunggu kantor memiliki satu set peralatan minum teh. Bentuknya terlihat lucu karena ukurannya yang kecil-kecil dan banyak. Apabila situasi memungkinkan (karena ribet dan memakan waktu), maka mereka akan menyuguhkan teh untuk anda 😀

Chinsese tea ceremony tools. Peralatan minum teh tradisi Cina.

Chinsese tea ceremony tools.
Peralatan minum teh tradisi Cina.

Pertama-tama, mereka akan mempersiapkan daun teh yang pada umumnya adalah teh merah atau teh hijau dan air panas.
红茶 ( Baca: Hong Cha) : Teh merah
绿茶 ( Baca: Lu Cha ) : Teh hijau
热水 ( Baca : Re Shui ) : Air panas

Tuan toko atau pihak perusahaan dalam tulisan ini akan saya sebut sebagai tuan rumah. Tuan rumah akan menuangkan teh ke cangkir-cangkir kecil, namun teh yang pertama kali dituangkan bukan untuk diminum. Teh yang pertama adalah bertujuan untuk mencuci daun teh dan mencuci cangkir dengan teh yang sangat panas agar cangkir juga menjadi steril.




Minumlah teh yang dituangkan kedua kalinya. Karena teh sangat panas dan kita tidak terbiasa meminum teh yang sangat panas, anda boleh mengangkat cangkir terlebih dahulu ditangan anda ( menunjukan sikap anda ingin meminumnya ). Tiup lah perlahan agar suhunya sedikit turun sambil menghirup aroma teh yang segar, saat anda merasa sudah sanggup untuk minum teh panas tersebut, minumlah dalam satu kali minum (one shot! hahahahaha).

How to drink China tea. Bagaimana menikmati teh Cina.

How to drink China tea.
Bagaimana menikmati teh Cina.

Pada umumnya orang tidak langsung meneguk teh tersebut, melainkan menikmati terlebih dahulu rasa teh di lidah anda, minimal sampai semua gigi anda merasakan teh sudah menyebar diseluruh mulut anda lalu meneguknya. Apabila anda ingin memuji teh tersebut, anda bisa mengatakan :
好喝 ( Baca : Hao he ) : enak (untuk minuman)

Budaya minum teh cina

Budaya minum teh Cina

Setelah air panas 4-5 kali dituangkan dalam teko kecil berisi daun teh, tuan rumah akan menanyakan apakah anda masih ingin teh atau tidak? apabila masih menginginkannya, tuan rumah akan membuat dengan daun teh yang baru karena rasa daun teh yang sebelumnya sudah berkurang, dan kembali seperti pertama kali, teh pertama dari daun baru tidak diminum.

DO:

  • Menghirup aroma teh
  • Meminum teh one shot.
  • Memuji rasa teh yang enak.
  • Meminum teh dan kue yang disediakan (bila ada).

Don’t:

  • Minum teh yang sangat panas.
  • Meminum teh yang pertama kali.
  • Meminta menambahkan gula.
  • Mengatakan teh tidak enak.
Budaya minum teh Cina

Budaya minum teh Cina

Masih banyak pengetahuan tentang budaya minum teh cina lainnya yang tidak saya tulis, tetapi ini adalah garis besar yang bisa anda praktekan waktu minum teh dengan orang Cina. Semoga bermanfaat.

To be continued…

Note:
Post saya kali ini sumber foto adalah google yaaahh.. Waktu saya di China belum sempat foto karena sambil nge-teh sambil ngobrol.. Jadi kalau nggak lupa, sungkan mau foto 😀

Jadi pengen beli set minum teh ini.. tapi di Indonesia mau minum sama siapa 😀

China Wholesale Market Private Tour Guide.
Indonesia Translator.
Yanie Thiorisa.