Tags

Post kali ini adalah lanjutan dari pos saya sebelumnya Haruskah berbelanja di pusat grosir murah China?.. Belum tentu! Mengapa?



Hari ini saya akan membahas apa saja sih yang perlu diperhatikan dan sebagai bahan pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk membeli barang di China. Sehingga saat anda memutuskan untuk berbelanja di China atau Indonesia, anda merasa pilihan anda sudah tepat dan sesuai dengan kriteria bisnis anda.

Grosir murah pakaian. clothing wholesale market china

Grosir murah pakaian.
clothing wholesale market

*Tulisan ini tidak ada maksud atau berkaitan dengan SARA, hanya memberikan pengetahuan tentang bisnis yang mungkin anda butuhkan dan tidak ada maksud melebih-lebihkan salah satu pihak, melainkan komparasi kelemahan dan kelebihan melalui sudut pandang pengalaman saya dari masing-masing topik. Simaklah dengan bijak!

Apakah barang yang anda beli pabriknya juga banyak di Indonesia.

Misalkan, pakaian tidur, Indonesia juga memiliki pabrik pakaian tidur yang berkualitas bagus. Contoh lainnya pakaian Bayi, di mall juga banyak kok pakaian bayi yang berbahan bagus namun ternyata Made in Indonesia. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena sebagai contoh pakaian bayi, harga grosir pakaian bayi yang berbahan bagus di China, bisa jadi sama dengan harga ecer pakaian bayi berbahan bagus di Indonesia.



Dampaknya, anda akan kesulitan menjual barang import anda, karena barang dari Indonesia sendiri sudah bagus dan murah. Dalam contoh ini, Bukan brarti anda tidak boleh membeli pakaian bayi di China, namun lebih baik anda membeli pakaian bayi di China yang mungkin modelnya berbeda dengan buatan Indonesia, sehingga anda masih bisa bersaing.

Negara lain yang banyak import ke Indonesia dengan harga yang lebih murah dari China.

Sebagai contoh barang fashion seperti pakaian wanita, negara lain juga import ke Indonesia dengan harga yang jauh lebih murah daripada Import dari China. Sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu perbandingan negara import lain dengan China, sesuaikan dengan sasaran pembeli anda. Misalkan dari segi harga, anda ingin menjual diharga berapa (sesuaikan dengan lokasi toko anda, mall, pasar murah, online), kualitas bahan juga perlu disesuaikan dengan sasaran pembeli anda, barang dengan harga mahal harus diimbangi dengan kualitas yang bagus pula. Negara kita beriklim tropis, perhatikan juga kesesuaian bahan dengan iklim kita, jangan asal tipis tapi ternyata dipakai panas, dll.

Perhatikan musim di China.

Sebaiknya anda tidak membeli barang fashion seperti pakaian dan sepatu diantara bulan oktober-maret. Di bulan ini China musim dingin yang mana baju yang dijual tidak sesuai dengan iklim di Indonesia. Bulan April mereka mulai menjual baju musim panas yang lebih sesuai dengan iklim kita, belilah pakaian atau sepatu dibulan April sampai Agustus akhir.

Sifat alami barang yang ingin anda beli.

Anda harus memperhatikan apakah sifat alamai dari barang yang ingin anda beli mudah berubah. Misalkan aksesoris wanita, beberapa jenis aksesoris wanita warnanya mudah berubah atau berkarat, sehingga anda bisa menentukan jenis pengiriman apa yang tepat untuk barang yang anda beli, agar sesampainya di Indonesia barang anda masih sesuai dengan saat anda beli.

to be continued…

Coming Soon: Grosir China Vs. Grosir Indonesia

Let me be your tourguide, Good Luck!