Tags

Bagi temen-temen yang baru mau memulai bisnis dagang baik offline maupun online, menurut anda apakah anda sebaiknya berbelanja langsung di China?..

Jawaban saya, Belum tentu! Mengapa?.. Mari kita bahas satu-persatu mulai dari alasan, hal-hal yang perlu diperhatikan, perbandingan dan tahap-tahap apa yang sebaiknya dilakukan. Tulisan ini dibuat agar anda yang telah memutuskan untuk ke China atau berbelanja di Indonesia merasa sudah tepat dan puas dengan keputusan anda.

*Tulisan ini tidak ada maksud atau berkaitan dengan SARA, hanya memberikan pengetahuan tentang bisnis yang mungkin anda butuhkan dan tidak ada maksud melebih-lebihkan salah satu pihak, melainkan komparasi kelemahan dan kelebihan melalui sudut pandang pengalaman saya dari masing-masing topik. Simaklah dengan bijak!



Jenis toko yang anda ingin buka

Anda perlu memperhatikan jenis toko yang anda ingin buka, satu toko dengan berbagai macam jenis barang, atau toko yang hanya menjual 1 jenis barang. Apabila anda ingin membuka toko dengan banyak jenis barang tentunya anda harus memiliki modal yang sangat besar apabila ingin berbelanja di China, dikarenakan belanja di China baru akan terasa murah saat anda membeli satu jenis barang dengan jumlah yang banyak. Apabila toko anda hanya menjual satu jenis barang, sebagai contoh anda hanya khusus menjual lampu LED, anda bisa mempertimbangkan untuk belanja di China.

berapa modal yang anda miliki?

Berbelanja di China memang jauh lebih murah dan anda akan kaget dengan harganya, namun apakah anda tahu minimum order quantity yang harus dibeli?.. Biaya kirim, biaya hunting barang selama anda berada disana dan biaya-biaya lain yang harus anda perhitungkan dengan baik. Apabila anda memiliki modal sekitar 50-100juta rupiah, anda boleh mempertimbangkan untuk berbelanja di China. Namun untuk anda yang bermodal 5-30 juta, anda bisa pending dulu rencana untuk membeli barang langsung dari china.

Guangzhou Jewellery accesories wholesale market. Pusat belanja grosir murah aksesoris wanita dan pria, Guangzhou.

Guangzhou Jewellery accesories wholesale market.
Pusat belanja grosir murah aksesoris wanita dan pria, Guangzhou.

belum punya pelanggan, siapa yang beli stok barang sebanyak itu?

Yap, permasalahan toko online maupun offline yang baru buka adalah belum punya pelanggan. Selain promosi yang tepat, waktu adalah salah satu faktor yang mempengaruhi. Saat anda baru buka, mungkin beberapa orang tahu bahwa anda menjual barang tersebut, namun saat itu mereka mungkin belum butuh, seiring berjalannya waktu saat mereka butuh mereka akan ingat bahwa anda menjual barang yang dia butuhkan.

Dengan pelayanan yang baik, rasa puas pembeli akan membuatnya memberitahukan tentang toko anda ke teman-temannya. Proses ini memakan waktu beberapa bulan. Dengan membeli barang yang sangat banyak dari China, saya mengkhawatirkan barang anda akan out of date atau modelnya sudah ketinggalan zaman. Dikarenakan anda memiliki banyak stok disaat anda masih belum memiliki pelanggan.

Selfie stick gadget accesories wholesale market

Selfie stick gadget accesories wholesale market

waktu pengiriman

Waktu pengiriman barang dari China memakan waktu cukup lama. By Air sekitar 7-10 hari kerja, By Sea 4-6 minggu. Apabila anda ingin memulai bisnis anda dalam waktu yang cepat, anda mungkin bisa memulai dengan menjual barang yang sifatnya kecil dan ringan sehingga anda bisa mengirimkannya melalui pesawat namun dengan biaya kirim yang lebih mahal dibandingkan dengan kapal. Apabila anda ingin membeli barang yang besar dan berat dan butuh cepat dengan biaya ongkos kirim yang murah, sebaiknya anda pertimbangkan lagi untuk berbelanja di China.

to be continued..

Coming Soon: Baca Sebelum Membeli Barang Grosir Murah di China

Let me be your tourguide, Good Luck!