Tags

, ,





Untuk bisa berlibur atau melakukan perjalanan ke China kita wajib mengurus Visa China. Begitu Visa sudah ada ditangan anda, pintu negeri China sudah terbuka lebar untuk anda, untuk itu saya akan membahas sedikit tentang Visa.

Meskipun anda datang ke China untuk urusan bisnis, anda tidak bisa begitu saja mengajukan visa bisnis. Visa bisnis memiliki persyaratan tertentu, seperti menyertakan surat undangan dari perusahaan yang ada di China. Visa yang bisa anda ajukan untuk berbelanja selama beberapa hari di China adalah Tourist Visa atau Visa L, yaitu diberikan kepada pemohon yang datang ke China untuk tujuan wisata, kunjungan kerabat, atau kunjungan pribadi lainnya dan berlaku hanya 30hari.

Hal yang perlu anda persiapkan sebelum menuju counter pengurusan Visa adalah:

  1. Paspor asli
  2. Foto ukuran 3.3×4.8 terbaru dan berwarna (sebaiknya jangan menggunakan foto yang pernah digunakan untuk apply visa china sebelumnya).
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Formulir Visa China yang sudah terisi (download di China Visa Form)
  6. Bukti reservasi tiket dan hotel
  7. Fotokopi Visa terakhir masuk ke China (bila pernah ke china sebelumnya)

Untuk pengurusan Visa China di Indonesia bisa dilakukan di Jakarta, Surabaya dan Medan. Untuk info lebih lanjut mengenai jam buka masing-masing kantor dapat anda baca di website Visa China.

Reservasi hotel saya sarankan sudah anda persiapkan dari semenjak di Indonesia, karena selain sebagai syarat mengajukan Visa, memesan hotel melalui online akan jauh lebih murah.

Untuk Hotel silahkan anda cari disekitar tengah kota agar memudahkan untuk pergi ketempat-tempat grosir sehingga lebih menghemat dibiaya transport, saya telah mempersiapkan Link beberapa hotel yang berada didaerah tengah kota, silahkan anda lihat-lihat dan sesuaikan dengan budget anda, klik disini hotels.

Apabila anda memiliki kendala dengan paspor anda yang membuat anda tidak bisa mengajukan visa dikota cabang seperti Surabaya atau Medan dan harus keJakarta, eeiittsss… jangan buru-buru berangkat dan menghabiskan lebih banyak uang hanya untuk ke Jakarta mengurus Visa. Saya sarankan agar anda mencoba mencari kantor travel agent terlebih dahulu dan menanyakan apakah bisa membantu anda mengurus Visa China dengan syarat anda telah menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dan membayarkan biaya Visa langsung melalui travel agent tersebut. Sebagai contoh kasus, saya tinggal di kota Surabaya, namun karena saya orang Samarinda dan Paspor saya adalah keluaran kota Samarinda, maka saya tidak diperkenankan mengajukan Visa melalui Surabaya, melainkan harus langsung ke Jakarta, saya mencari travel agent, dan ternyata mereka bisa membantu saya.



Biaya yang dibutuhkan untuk mengajukan Tourist Visa single entry (30hari dan hanya sekali masuk) adalah Rp.300.000 dan biaya administrasinya adalah Rp.240.000, maka totalnya adalah Rp. 540.000. Apabila anda menggunakan jasa travel agent, anda perlu menanyakan diawal apakah ada tambahan fee untuk travel agent karena sudah membantu anda. Untuk request lainnya seperti double entry, atau mungkin anda ingin proses pengerjaan yang lebih cepat, ada tambahan biaya yang bisa anda cek disini.

Sekian informasi dari saya, semoga dapat memberikan banyak manfaat.

Apabila anda memiliki pertanyaan atau ada hal lain yang anda ingin saya tulis, anda bisa menuliskan pertanyaan anda dengan mengisi kolom comment dibawah.

Please subcribe untuk terus mendapatkan informasi ter-update dari jalan-jalan ke china. GoodLuck!!!