Tags

,

Dalam waktu satu tahun, apakah anda pernah terpikir sebenarnya kapan sih saat yang tepat untuk datang ke Guangzhou?.. waktu libur natal dan tahun baru?.. libur lebaran?.. libur anak sekolah atau kapan?.canton-fair.

Semua orang sudah tau kalau Guangzhou adalah kota pusat perdagangan China, yang artinya Guangzhou adalah tempat berkumpulnya pasar grosir. ๐Ÿ˜€ย Setelah satu tahun belajar bahasa Mandarin di sana, saya merasa saat yang paling tepat untuk datang berlibur ke Guangzhou adalah saat Canton Fair diadakan.

Canton Fair sendiri adalah ajang dimana perusahaan dan pabrik-pabrik besar di China mengadakan pameran berskala Internasional yang setiap tahunnya diadakan di kota Guangzhou. Mereka memamerkan semua produk-produk terbaru dan andalan masing-masing perusahaan. Walaupun anda tidak membeli, namun setidaknya datang ke acara Canton Fair dapat menambah wawasan anda.

Saat Canton Fair diadakan, anda bisa membandingkan langsung harga di Canton fair dan harga di pusat Grosir, berikut dengan MOQ (Minimum Order Quantity)-nya. Masing-masing fase Canton Fair diadakan selama 5 hari, jadi anda bisa datang pada hari pertama untuk melihat-lihat di Canton fair, lalu mengecek di pusat Grosir pada hari kedua. Harga di Canton Fair tentu saja sangat murah, namun anda harus membeli dengan Quantity yang sangat banyak juga. Di pusat Grosir harga tentunya lebih mahal, tetapi anda bisa membeli dengan Quantity yang lebih sedikit dibandingkan Canton Fair. setelah mempertimbangkannya, anda bisa melakukan order di Canton fair pada hari ke-3 dan ke-4 di Canton Fair. Saya tidak menganjurkan anda melakukan order pada hari ke-5 di Canton Fair. Karena pada hari ke-5 Canton Fair akan tutup sekitar pukul 12.00 siang. Karena mereka sibuk membereskan barang pameran mereka, mereka mungkin kurang ramah dalam menanggapi pembeli untuk mendiskusikan masalah MOQ, harga, dll. Anda bisa membeli barang lain dengan jumlah yang lebih sedikit di pusat grosir pada hari lainnya, karena pusat grosir buka setiap hari. ๐Ÿ˜€

Pada hari-hari libur nasional lainnya anda bisa datang ke pusat grosir di Guangzhou, tapi tidak untuk Canton Fair. Jadi kalau sudah datang ke Guangzhou, ada baiknya mampir lihat-lihat Canton Fair dulu. ๐Ÿ˜€ Jadi sambil berlibur anda juga sekalian berbisnis..

Setelah Canton Fair selesai, anda bisa melanjutkan perjalanan anda ke Hongkong atau Macau, dekat loh dari Guangzhou.. Hihihi ๐Ÿ˜€