Tags

, ,

Halo Indonesia..

Apakah anda sudah menghadiri Canton Fair ke 117 ini?.. saya akan berbagi cerita tentang pengalaman saya sebagai shopping assistant pada pesta Export Import yang diselenggarakan secara rutin ini.

20150417_104853[1]

Mungkin pernah terlintas didalam pikiran anda, Kalau Guangzhou adalah kota pusat perdagangan dimana ada banyak sekali wholesale market di guangzhou, mengapa Guangzhou masih menyelenggarakan Canton Fair?.. saya akan menjelaskan secara garis besar perbedaan Canton Fair dan Wholesale Market.

Lokasi

Canton Fair: Canton fair adalah ajang dimana perusahaan dan pabrik-pabrik besar di China dapat melakukan pameran produk yang mereka buat, mayoritas pabrik mereka tidak berada di Guangzhou melainkan berada dikota-kota industri (kota yang banyak pabrik). Jadi mereka datang ke Guangzhou agar lebih dikenal di mata Internasional, namun lokasi tidak berada di Guangzhou.

Wholesale market : Lokasi toko dan gudang mereka berada di Guangzhou, buka setiap hari pukul 10.00-18.00.

20150419_103630[1]

Minimum Order Quantity

Canton Fair: karena bermain diskala pabrik, anda harus membeli dalam jumlah minimum order yang sangat banyak. sebagai contoh, 1 jenis barang terdiri dari berbagai macam warna, 1 warna setidaknya 1000pcs. untuk barang yang besar anda dapat membeli dalam jumlah yang lebih kecil.

Wholesale market: Anda juga harus membeli dalam jumlah minimum order yang banyak namun tidak sebanyak anda beli di pabrik langsung, misal 1 item 5 lusin. Terkadang beberapa toko bersedia anda membeli sedikit namun dengan harga yang tidak bersahabat untuk dijual lagi di Indonesia.

Payment

Canton fair: Payment tidak dilakukan di tempat melainkan akan ada tindakan lanjut dari pembicaraan kerja sama antara pembeli dan penjual, misal melalui Email. Beberapa pembayaran dapat dilakukan ditempat sebatas uang muka 20%-30% dan dibayarkan secara tunai. Namun pembayaran tidak melakukan pelunasan. ini merupakan kebijakan dari perusahaan yang menjual atau hal ini juga merupakan tips bagi pembeli. Karena posisi pabrik yang tidak di Guangzhou, lebih mempersulit apabila ternyata pabrik melakukan penipuan atau tidak mengirimkan barang namun pembayaran telah lunas.

Wholesale Market: Apabila anda membeli barang dalam jumlah yang cukup banyak, beberapa toko bersedia anda membayar terlebih dahulu uang muka 30%, dan sisa pembayaran wajib dibayarkan sebelum barang dikirim dari gudang Toko ke gudang anda di Guangzhou. Apabila anda membeli dalam jumlah yang sedikit, pada umumnya toko mewajibkan anda melunasi pembayaran.

20150419_111218[1]

Warehouse to Warehouse

Canton fair: karena posisinya berada diluar kota Guangzhou, ongkos kirim dari pabrik ke Guangzhou cukup mahal. Karena anda membeli dalam jumlah yang cukup besar maka dibutuhkan dana lebih untuk mengirimkan barang anda dari pabrik menuju Guangzhou. Beberapa Pabrik dapat mengirimkan barang langsung ke Indonesia, namun sangat sedikit dan anda lebih sulit bagaimana mengatur barang anda setelah sampai di Indonesia. Saya menyarankan anda tetap menggunakan ekspedisi yang anda percaya dari Guangzhou.

Wholesale Market: Anda bisa meminta bantuan toko untuk mengirimkan langsung barang belanjaan anda ke alamat gudang anda dengan biaya pengiriman yang harus anda tanggung. Apabila barang anda cukup banyak namun kecil, maka toko hanya menggunakan jasa cargo local. Namun apabila barang anda besar dan banyak, toko akan menyewa mobil untuk membawa barang anda. Toko tidak melayani pengiriman barang dalam jumlah sedikit.

20150424_175918[1]

Currency

Canton Fair : menggunakan USD

Wholesale Market: China Yuan Ren Min Bi (RMB)

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat lebih membantu anda dalam menentukan mana sektor yang sebaiknya anda pilih, Canton Fair atau Wholesale Market.

-YanieThiorisa-